PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMPN 6 SAROLANGUN
DOI:
https://doi.org/10.32520/judek.v8i1.1111Keywords:
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)Abstract
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun yang menjadi obyek penelitian ini adalah kepala SMPN 6 Sarolangun dan para orang tua siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan teknik analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pertama, pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 6 Sarolangun sudah berlangsung cukup baik yang ditandai dengan telah diterapkannya semua fungsi manajemen dengan baik. Kedua, faktor pendukung pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMPN 6 Sarolangun adalah : semangat dan kerjasama yang baik dari semua pihak dalam struktur madrasah serta dukungan dari orang tua siswa, masyarakat dan pemerintah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya pemahaman para guru dan masyarakat terhadap konsep manajemen berbasis sekolah (MBS). Adapun solusi yang ditempuh untuk mengatasi faktor penghambat adalah dengan mensosialisasikan konsep manajemen berbasis sekolah kepada para guru dan masyarakat.Ketiga, hasil yang telah dicapai oleh SMPN 6 Sarolangun dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah adalah semakin meningkatnya kualitas pendidikan di sekolah tersebut.