Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal: Implementasi Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Aktivitas Berkebun
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.2986Keywords:
Pembelajaran Kontekstual, Kearifan Lokal, Berkebun, Singkong, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal melalui aktivitas berkebun singkong sebagai sarana penanaman nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila pada siswa sekolah dasar. Latar belakang kegiatan ini didasarkan pada adanya lahan kosong yang tidak dimanfaatkan di lingkungan TK Putra Harapan dan SDN 2 Kalipuro, serta rendahnya kesadaran siswa terhadap potensi sumber daya lokal. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas berkebun tidak hanya memberikan pengalaman nyata kepada siswa dalam menanam dan merawat tanaman, tetapi juga memperkuat nilai-nilai religius, gotong royong, kemandirian, kreativitas, dan berpikir kritis. Proyek ini diakhiri dengan kegiatan bazar olahan singkong yang menjadi ajang penguatan karakter produktif dan kolaboratif antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pembelajaran yang menghubungkan konteks lokal dengan pengembangan karakter siswa secara menyeluruh.
References
Abdullah, M. (2022). LEMBAGA PENDIDIKAN SEBAGAI SUATU SISTEM SOSIAL (Studi Tentang Peran Lembaga Pendidikan di Indonesia Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional). Mamba’ul’Ulum, 38–48. https://doi.org/https://doi.org/10.54090/mu.56
Amrullah, L., Gaffar, A., Warsani, Z., Malita, S., Hasfiani, Y., Rahman, R. S., Nurramdaniyah, N., Andrianingsih, V., & Taqiudin, M. (2024). Pelatihan Budaya Sasak Lombok pada Pembuatan Kue Tradisional Sumping di SMP Diyaul Azahar Lombok Timur. Svarga Pena: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 74–80. https://doi.org/https://doi.org/10.62951/svargapena.v1i4.69
Anastasia, U., & Nurendah, Y. (2014). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2(2), 181–190.
Astuti, A. W., & Rahmawati, S. (2025). PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KEGIATAN P5 PADA SISWA DI SD NEGERI SOKARAJA. PROGRES PENDIDIKAN, 6(2), 186–195. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/prospek.v6i2.1346
Azmi, F. U., & Gusmaneli, G. (2025). Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Karakter Siswa. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/hikmah.v2i2.787
Dewiani, D., Hutabarat, M. Y., Marwan, M., Miranda, D., Solin, S. R. B., Muzamil, T., Zuriansyah, Z., Fuqara, F. A., Akmal, A. K., & Pamungkas, I. (2024). Sosialisasi Nilai Tambah Singkong di Desa Keras. Teknodimas: Teknologi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 70–76.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fitriah, N., Elfarisna, E., Putri, D. I., Sukrianto, S., Nur, N., Vitasari, P. D. K., & Kismawati, D. (2021). Pengenalan aktivitas berkebun sebagai media pembelajaran terhadap perkembangan kognitif (pengenalan sains) pada anak. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).
Fransiska, F., Sudarto, S., & Adpriyadi, A. (2022). PENGENALAN BOTANI MELALUI AKTIVITAS BERKEBUN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI TK LABORATORIUM PERSADA KHATULISTIWA. JPPM: Jurnal Pelayanan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 77–87. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jppm.v1i2.2038
Hamidah, A. (2022). PERSEPSI SISWA TENTANG KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI DI LABORATORIUM SMA NEGERI SE-KOTA JAMBI. SAINMATIKA UNJA| Jurnal Sains Dan Matematika Universitas Jambi, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1234/sainmatika.v8i1.2221
Hatimah, I. (2016). Keterlibatan keluarga dalam kegiatan di sekolah dalam perspektif kemitraan. Pedagogia, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3878
Hidayani, L., & Aulia, S. S. (2025). Dampak Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Karakter Kebhinnekaan Gobal Siswa di SMA Negeri 1 Pajangan. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 16–21.
Ikhsan, A., Sulaiman, S., & Ruslan, R. (2017). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Elementary Education Research, 2(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24815/primary.v2i4.4374
Irawan, A., & Febriyanti, C. (2010). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 22(1). https://doi.org/10.17977/jip.v22i1.8639
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek (pp. 1–37). https://doi.org/https://doi.org/10.59001/pjier.v2i2.187
Kero, M. A., & Wewe, M. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Secara Kontekstual untuk Mengaktifkan Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika Kelas V. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2 SE-Articles), 137–147. https://doi.org/10.56916/jp.v3i2.926
Maulana, I., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh social media influencer terhadap perilaku konsumtif di era ekonomi digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28–34.
Morgan, H. (2022). Conducting a Qualitative Document Analysis. The Qualitative Report, 27(1), 64–77.
Nababan, D., Panggabean, B., & Sitorus, Y. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2 SE-Articles), 585–590. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/166
Nurhafizah, N. (2018). Bimbingan awal kewirausahaan pada anak usia dini. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3), 205–210.
Nurjasmi, R. (2021). Potensi pengembangan pertanian perkotaan oleh lanjut usia untuk mendukung ketahanan pangan. Jurnal Ilmiah Respati, 12(1), 11–28. https://doi.org/https://doi.org/10.52643/jir.v12i1.1406
Rahmat, S., Ikhsanudin, M., Diani, R., Kusuma, Y. F., Putri, S., Ningrum, P. A., Afrianti, A., Prasetia, I., Sari, N. I., & Faina, F. (2021). Pengolahan Hasil Pertanian dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Petani di Kabupaten Bintan. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau (JPPM Kepri), 1(2), 155–167.
Riyadi, F. S., Nuroso, H., Handayani, R. S., & Saputra, B. A. (2024). Penerapan nilai gotong royong berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada jenjang sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 697–709. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3381
Santika, R., & Dafit, F. (2023). Implementasi profil pelajar pancasila sebagai pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6641–6653.
Sari, M. K. (2023). Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Project “Asyiknya Berkebun Sayur” Pada Pelajaran IPAS Di SD Taman Siswa Yogyakarta. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 750–757.
Silverman, R. M., & Patterson, K. (2021). Qualitative Research Methods for Community Development. Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781003172925
Siregar, B., Jufriadi, J., Islami, N. I., Astriya, A., Andriani, Y., & Maira, N. (2024). Kurangnya Minat Belajar Anak-Anak Jembatan 2. Octo: Community Service Journal, 1(1), 46–62. https://doi.org/https://jurnal.smkperbankanyaris.sch.id/index.php/octo/article/view/13
Siregar, C. A. (2024). Pengaruh Kegiatan Berkebun terhadap Keterampilan Proses Sains pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Santo Fransiskus Asisi Percut. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(3), 72–88.
Somantri, Y., Pratiwi, L., Umbara, D. S., Rohbiah, D., & Khoerunnisa, S. (2024). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMANFAATAN PENGOLAHAN SINGKONG HASIL KEBUN SEKOLAH PADA SISWA SDN TAJURHALANG KECAMATAN SUKAHENING KABUPATEN TASIKMALAYA. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 312–317.
UU Sisdiknas no. 20. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1, 1–7.
Widaningsih, L. (2008). Pendidikan Lingkungan Hidup: Membelajarkan Anak pada Kearipan Alam. Prosiding Seminar Nasional Jurusan Pendidikan Teknologi Arsitektur FPTK UPI Dan Disdik Provinsi Jawa Barat, 1–8.
Yusuf, M. (2017). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Gabungan. Jakarta: Prenada Media.
Yusuf, Y. (2024). Pendidikan yang Memerdekakan: Persepektif Freire dan Ki Hajar Dewantara. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 2(2), 55–72. https://doi.org/https://doi.org/10.59001/pjier.v2i2.187

