Efektivitas PBL Berbantuan Media Bavora Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa Kelas 5 di SDN 1 Sidorekso
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.3105Keywords:
Problem Based Learning (PBL), PowerPoint Interaktif, Pemecahan Masalah, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis PowerPoint Interaktif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V di SDN 1 Sidorekso. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yakni kelas VA sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model PBL berbasis PowerPoint Interaktif, dan kelas VB sebagai kelompok kontrol yang diberi pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan awal dan akhir siswa dalam memecahkan masalah matematika. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai posttest kedua kelompok. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbasis PowerPoint Interaktif efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar.
References
Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Abrams, S. S., & Gerber, H. R. (2025). Contemporary technologies and educational implications: evolving practices and global perspectives. Educational Media International, 62(2), 123–125. https://doi.org/10.1080/09523987.2025.2500823
Andriani, R., & Ariani, I. A. (2023). Jurnal Teknologi Pembelajaran ( JTeP ) Pengembangan Video Pembelajaran Mengenai Etika Bersosial Media dalam Pandangan Islam pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Melalui Aplikasi Kinemaster. 3, 8–18.
Anggraini, L. N., Fitriyani, F., Alqirany, F. H., Yumerda, D., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Edukasi Adab Bersosial Media pada kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1266. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1102
APJJI. (2023). Laporan Survei Internet Indonesia. APJII.
Azra, A. (2021). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Kencana.
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.
Eynon, R., Lewin, C., Macgilchrist, F., Oliver, M., Pangrazio, L., Potter, J., Selwyn, N., & Williamson, B. (2025). Looking back and looking forward: past and present editors on 20 years of critical perspectives in learning, media, and technology. Learning, Media and Technology, 50(2), 103–111. https://doi.org/10.1080/17439884.2025.2512250
Fatmawati, E., Mauludea, H., Ramadhan Muhamad Alatri, F., & Husin, H. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 190–196. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.4499
Firdaus, F., Haerul Pathoni, & Alrizal, A. (2023). Analisis Kebutuhan Peserta Didik terhadap Media Pembelajaran Sebagai Acuan Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM pada Materi Pengukuran. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(3), 790–796. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1006
Greve, S., Thumel, M., Jastrow, F., Krieger, C., Schwedler, A., & Süßenbach, J. (2022). The use of digital media in primary school PE–student perspectives on product-oriented ways of lesson staging. Physical Education and Sport Pedagogy, 27(1), 43–58. https://doi.org/10.1080/17408989.2020.1849597
Hay, K., & Fleming, J. (2025). Supporting wellbeing: Perspectives of university work-integrated learning students. International Journal of Work-Integrated Learning, 26(2), 43–59.
Hrieauglid, B. B., Hains-Wesson, R., & Fannon, A. M. (2025). Utilizing a fun model: Supporting students’ wellbeing in project-based work-integrated learning. International Journal of Work-Integrated Learning, 26(2), 143–157.
Khotimah, H., Yulita, P., Ayu, S., & Syafaruddin, M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Filpbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Di Smk Negeri 2 Pangkep. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 180–187. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.864
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. New Jersey: Prentice Hall.
Martin Kahfi, Wawat Setiawati, Yeli Ratnawati, A. S. (2021). Efektifitas Pembelajaran Kontektual Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dalam Menignkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa pada Pembelajaran IPS Terpadu. 7(1), 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13
Nata, A. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Rajawali Pers.
Novita, N. N. I. (2023). Penguatan Etika Digital Melalui Materi “Adab Menggunakan Media Sosial” Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Menghadapi Era Society 5.0. Journal of Education and Learning Sciences, 3(1), 73–93. https://doi.org/10.56404/jels.v3i1.45
Nugraha, T. J., Asriati, N., & Ramadhan, I. (2023). Efektivitas Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kahoot! dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 2 Pontianak. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 319–331. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3883
Prakoso, N. A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan

