Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Ipas Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.2970Keywords:
Minat Belajar, IPAS, Model Project Based LearningAbstract
Minat belajar merupakan dua aspek yang saling berkaitan dan memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Minat belajar dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar IPAS pada peserta didik kelas V SD Negeri 8 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh model project-based learning terhadap minat belajar IPAS pada peserta didik kelas V SD, (2) perbedaan pengaruh model project-based learning dan model prblem-based learning terhadap minat belajar IPA pada siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model project-based learning terhadap minat belajar IPAS pada peserta didik kelas V SD. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi linier sederhana yang menunjukkan hasil Sig sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti h0 ditolak dan ha diterima. (2) Terdapat perbedaan pengaruh antara model project-based learning dan model problem-based learning terhadap minat belajar IPAS peserta didik kelas V SD. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji independent sample t-test yang menunjukkan hasil Sig sebesar 0,044 < 0,05 yang berarti bahwa h0 ditolak dan ha diterima.
References
Anindayati, A. T., & Wahyudi, W. 2020. Kajian Pendekatan Pembelajaran Stem Dengan Model Pjbl Dalam Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 217.
Ardianti, A., Sari, N. M., & Wijaya, H. (2018). Pengembangan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan kompetensi peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 25(2), 145-156.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik (Edisi Revisi VD). PT Renika Cipta. Jakarta.
Harris, K. R., Brown, J. D., & Jones, L. (2020). Quasi-experimental designs in educational research: Opportunities and challenges. Journal of Experimental Education, 88(2), 205-222. https://doi.org/10.1080/00220973.2019.1629734.
Jiang, Y., Zhang, M., & Wang, X. (2023). Project-Based Learning and Student Engagement: A Cross-Cultural Perspective in Elementary Classrooms. International Journal of Educational Research, 122, 102144. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2023.102144
Kurikulum, B. S., & Ristek, A. P. K. 2022. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C Untuk SD. Mi/Program Paket A.
Kim, H., Park, S., & Lee, J. (2021). Effects of Project-Based Learning on Elementary Students’ Motivation and Academic Achievement in Science. International Journal of STEM Education, 8(10), 1-15. https://doi.org/10.1186/s40594-021-00276-3.
Lopez, M., & Martinez, R. (2023). Meta-Analysis of Project-Based Learning Effects on Student Engagement and Critical Thinking in Primary and Secondary Education. Educational Research Review, 36, 100452. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2022.100452.
Martinez, M., & Lee, J. (2022). Authentic Learning in Practice: The Impact of Project-Based Learning on Motivation in Primary Education. Journal of Education and Learning, 11(1), 45–54. https://doi.org/10.5539/jel.v11n1p45
Martinez, P., & Garcia, S. (2020). Kinesthetic Learning and Project-Based Instruction: Enhancing Student Engagement in Elementary Education. Journal of Educational Psychology, 112(3), 523–535. https://doi.org/10.1037/edu0000378.
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. 2019. Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092.
Nguyen, T., & Brown, R. (2021). Bridging Theory and Practice: Implementing Project-Based Learning in Early Grades. Journal of Curriculum Studies Research, 3(2), 15–29. https://doi.org/10.46303/jcsr.2021.4
Putri, C. M., Audianti, E., Neli, N., & Noviyanti, S. 2022. Implementasi Model Project Based Learning Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar Di SD N 34/I Teratai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 290–297.
Putri, D. J., Angelina, S., Claudia, S., & Mujazi, R. M. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di kecamatan larangan tangerang. 9.
Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. MIMBAR PGSD Undiksha, 20(1), 127–145.
Sukadi. (2018). Pembelajaran berbasis gaya belajar kinestetik: Pendekatan efektif dalam proses belajar. Jakarta: Penerbit XYZ.
Susanto, A. 2016. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.
Syahputra, E. 2020. Snowball throwing tingkatkan minat dan hasil belajar. Haura publishing.
Tinenti, Yanti Rosinda. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Tungga, R., Prasetyo, B., & Lestari, S. (2024). Pengaruh model Project Based Learning terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 34-45.
Tusyadi, N. A., Erwin, E., & Pranata, K. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Siswa IPA.Jurnal Educatio FKIP UNMA,7(4), 1659-1664.
Wayan Sunita, N., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. WIDYADARI : Jurnal Pendidikan, 20(1), 127–145.

