Upaya Meningkatkan Minat Belajar Santri dalam Membaca Al-Qur'an: Studi Kasus tentang Peran Ustadz di Madrasah Diniyah Al-Jami’
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v12i1.2735Keywords:
Efforts to Increase Santri Learning Interest in Reading the Qur'anAbstract
Al-Qur'an sebagai wahyu Allah yang ditulis dalam bahasa Arab, menciptakan komposisi yang istimewa, tidak hanya dari segi keunikan bahasanya, namun juga dari segi kedalaman maknanya. Sebagai kitab terakhir yang menyempurnakan wahyu-wahyu sebelumnya, Al Qur'an menjadi kewajiban bagi setiap Muslim untuk mempelajarinya. Dalam konteks ini, peran ustadz sangat penting dalam menggugah minat belajar membaca Al Qur'an. Mereka mengajak anak-anak ke madrasah diniyah untuk belajar Al-Qur'an, memberikan motivasi, dan mengingatkan pentingnya kemampuan membaca Al-Qur'an sebagai bekal di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan, mengembangkan, dan membuktikan data baru yang dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode penelitian ilmiah yang melibatkan tahapan-tahapan seperti pemilihan topik, pengumpulan data, dan analisis data untuk memperoleh pemahaman mengenai suatu topik, fenomena, atau masalah tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya ustadz dalam meningkatkan minat belajar santri adalah dengan melalui pemberian motivasi belajar bagi santri, dengan motivasi yang tinggi akan memberikan semangat atau power tersendiri bagi santri selain itu dalam meningkatkan motivasi belajar santri diwajibkan untuk membawa buku prestasi harian dan hafalan sebagai catatan bacaan Al-Qur’an santri dan dari hal ini ustadz mempunyai catatan kecil sebagai kontrol terhadap kemajuan santri.
References
Ahmad Nabil Amir, T. A. (2023). URGENSI MORAL DALAM DISKURSUS AL-QUR’AN DAN HADITH. Society: Jurnal Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, 14 (1), 38-49.
Anwar, E. S. (2009). BAHASA AL-QURAN SEBAGAI WAHYU. AL-FATH, 3 (1), 98-106.
Bestari, M. (2020). AL-QUR’AN SEBAGAI WAHYU ALLAH, MUATAN BESERTA FUNGSINYA. DIRASAT, 15, 118-137.
Miskahuddin. (2017). KONSEP AGAMA MENURUT AL-QUR’AN. Al-Mu‘ashirah, 14 (1), 64-77.
Safliana, E. (2020). AL-QUR'AN SEBAGAI PEDOMAN HIDUP MANUSIA. Jurnal Islam Hamzah Fansuri, 3 (2), 70-85.
Salim Said Daulay, A. S. (2023). Pengenalan Al-Quran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9 (5), 472-480.
Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. In Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan (p. 205). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Usman Usman, Asti Sulistia, Nur Indah Haris, Siti Fatimah. (2023). Increasing Interest In Reading The Qur'an In Students Of SDN I Waindawula. Jurnal Pengabdian dan Kemitraan Masyarakat (ALKHIDMAH), 1 No 3, 160-168.
Zulkifli, M. (2023). PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN. Jurnal PAIDA, 2 (1), 170-182.