Pengaruh Penggunaan ZepQuiz dalam Model Game-Based Learning terhadap Pemahaman Materi Pengukuran Sudut di Sekolah Dasar

Authors

  • Lala Sulistia Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • maulana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cucun Sunaengsih Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.3271

Keywords:

Game-Based Learning (GBL), pemahaman konsep, pengukuran sudut, peserta didik sekolah dasar, zepquiz

Abstract

Fondasi awal dalam memahami konsep matematika secara menyeluruh dibentuk melalui pembelajaran di sekolah dasar. Namun, banyak peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pengukuran sudut karena metode pembelajaran yang kurang variatif dan minimnya pemanfaatan media interaktif. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Game-Based Learning (GBL) berbantuan platform digital ZepQuiz terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol tidak setara. Subjek penelitian terdiri dari 50 peserta didik kelas IV di SDN 034 Patrakomala Bandung yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Sampel tersebut terbagi ke dalam dua kelas, yaitu eksperimen dan kontrol, dengan masing-masing kelompok beranggotakan 25 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep dalam pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan penerapan GBL berbantuan ZepQuiz memberikan peningkatan pemahaman konsep secara signifikan pada kelas eksperimen dengan kategori sedang (n-gain=0,57), lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional di kelas kontrol (n-gain=0,40). Kesimpulannya, model GBL dengan ZepQuiz efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik. Implikasi penelitian merekomendasikan penggunaan media pembelajaran berbasis game digital sebagai alternatif untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep peserta didik.

References

Davita, P. wulan C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Peserta didik. Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 2, 101–112.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Fatonah, S., & Naemah, Z. (2022). Analisis Pengaruh Games Education (Permainan Angklek) Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Bangun Datar. Jurnal Basicedu, 6(5), 729–7219. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Feriansyah, Z. H., & Titaley, A. G. (2025). Pengembangan Latihan Soal Membaca Pemahaman Bahasa Jerman melalui Media ZEP Quiz. E-Journal Laterne, 14(02), 12–23.

Kinesti, R. D. A., Naharin, S., Fahrida, F., Ulfa, Z., Khoirina, F. N. U., & Khuliani, D. E. (2021). Pemberian Reward Bagi Peserta didik Berprestasi Sebagai Strategi Guru Kelas Dalam Pembelajaran Di Sd Alma’Soem Bandung. El Midad, 13(2), 101–115. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i2.4025

Lestari, F. P., & Ristontowi, R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Sma Pada Model Discovery Learning Dan Model Auditory Intellectually Repetition. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 46–54. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6334

Medila, S., Suryani, M., & Hamdunah. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning(GBL) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29458–29466. https://doi.org/10.62017/jpmi

Munawir, M., Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 9(1), 63–71. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v9i1.2828

Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Pandya, H. S., R.Rohana, Yuliasari, A., & Nur’Aini, S. D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Hasil Belajar Belajar Peserta Didik. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 10(3), 619. https://doi.org/10.32884/ideas.v10i3.1640

Paulina, C., Rokmanah, S., Syachruroji, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Game Based Learning dalam Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31348–31354.

Putri, A. A., Ramadani, P. R., Nadia, N., & Ernawati, D. W. (2025). Implementasi Metode TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik dalam Mata Pelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 2 SDN Mergosono 4 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 2692–2701.

Rahmah, U. M., & Agustin, I. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Berbantuan Media Zep Quiz Pada Peserta didik Kelas IV SDN Sukolilo 2 Tuban. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 10–16.

Sari, U. A., Nadiroha, W., Adrias, A., & Syam, S. S. (2025). Analisis Faktor Rendahnya Motivasi belajar Peserta didik Dalam Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Natural Science Educational Research, 8(1), 111–116.

Sengkey, D. J., Deniyanti Sampoerno, P., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265

Septiani, S. S., Juliansyah, A., & Rachman, I. F. (2025). Implementasi Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(4), 652–661.

Sholikha, D. F., Akhwani, & Marwati, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Game Bassed Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta didik di SDN Kedungturi. National Conference For Ummah (NCU), 01(1), 223–229.

Tiara Widya, Anggraini, Dwi Putri Febriyanti, A. P., & Sakinah, Aisyah Safitri, S. A. (2024). Pengaruh Metode Game Based Learning Terhadap Pemahaman Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Di Mi Al Awwal Palembang. Πανελλήνιο Συνέδριο Επιστημών Εκπαίδευσης, 9, 110.

Wulandari, S. A., & Safitri, S. (2024). Penerapan Metode Game Based Learning Dalam Materi Sejarah Bandung Lautan Api Di Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Pagar Alam. JIPSOS: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 334–341. https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jipsos/article/download/3507/2794/26927

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530

Downloads

Published

2025-11-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Penggunaan ZepQuiz dalam Model Game-Based Learning terhadap Pemahaman Materi Pengukuran Sudut di Sekolah Dasar. (2025). EDUKASI, 13(2), 540-554. https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.3271