Implementasi Filsafat Idealisme dalam Pembelajaran Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2931Keywords:
filsafat idealisme, pembelajaran, sekolah dasarAbstract
Filsafat idealisme merupakan suatau aliran filsafat yang menekankan pengingnya keunggukan dari pikiran(mind).jiwa(spirit) atau roh(soul) dari pada hal-hal yang bersitat kebendaan atau material.filsafat idelisme mencangkup pandangan yang menyatakan bahwa realitas dunia ini terbentuk dari ide dan pikiran ,dan filsafat ini menempatkan sebeh penekanan pada nilai-nilai spiritual dan konsep-konsep yang abstrak.jenis penelitian ini adalah kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk menyampaikan/memberikan sebuah informasi kepada tenaga pendidik akan pentingnya memahami sebuah kajian filsafat pendidikan ketika akan di terapkan dalam dunia pendidikan.Metode penelitian yang di gunakan adalah studi literature dan analisis konten untuk mengeksplorasi konsep idealisme yang ada dalam pembelajaran di sekolah dasar.pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi,wawancara,dan studdi dokumentasi.agar dapat teruji keabsahannya maka di lakukan antisipasi sebagai(a) memperpanjang maa pengumpulan data,(b)dilakukannya observasi sampai data dapat di katakana sudah jenuh,(c)melakukan triagulasi,dan (d)melibatkan teman sejawat di sekolah untuk berdiskusi. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman lebih lanjut tentang implementasi konsepsi filsafat idealisme dalam konteks pendidikan dasar, dengan harapan dapat memberikan panduan yang berguna bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih holistik dan berorientasi nilai.
References
Abadi, T. W. (2016). Aksiologi: Antara Etika, Moral, dan Estetika. 4(2), 187–204. https://doi.org/10.21070/KANAL.V4I2.1452
Al-Darwish, S. (2012). The Role of Teacher Questions and the Socratic Method In EFL Classrooms in Kuwait. World Journal of Education, 2(4), 76–84. https://doi.org/10.5430/WJE.V2N4P76
Barnadid, I. (2013). Filsafat Pendidikan (Sistem dan Metode). Andi.
Bashir, S., Bajwa, M., & Rana, S. (2014). Teacher as a role model and its impact on the life of female students. International Journal of Research, 1(1), 9–20. https://doi.org/10.29121/GRANTHAALAYAH.V1.I1.2014.3081
Bhattacharya, A., & Das, S. (2024). How can we balance between materialistic and spiritualistic aspects in our life – some vivid thoughts of sri sri thakur anukul chandra and swami vivekananda (pp. 169–173). https://doi.org/10.58532/v3bbso16p4ch5
Chaeratunnisa, E., Sari, F. K., & Hidayat, S. (2024). Konsepsi Filsafat Idealisme Dalam Penerapan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 27. https://doi.org/10.21927/literasi.2024.15(1).27-38
Chang, J. (2000). Axiology and Ethics:The Past,the Present and the Future. Journal of Hubei University.
Cordero, R. A. O. (2022). Virtual Reality in the Social Sciences. https://doi.org/10.31235/osf.io/mduy6
Edelheim, J. R. (2022). Axiology, value and values (pp. 12–20). Edward Elgar Publishing eBooks. https://doi.org/10.4337/9781800374560.00009
Emilya, S. (2024). Systematic Literature Review Filsafat Idealisme dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 5(1), 361–375. https://doi.org/10.52690/jitim.v5i1.972
Fithriani, F., Syabuddin, S., Gunawan, G., Zainuddin, T., & Sulaiman, S. (2021). Teacher as a role model in the 2013 curriculum development. 21(2), 240–256. https://doi.org/10.22373/JIIF.V21I2.7516
Gómez, L. S., & Havidich, M. C. (2007). The idealist paradigm in Knowledge representation. 139–146. https://dialnet.unirioja.es/servlet/articulo?codigo=2533303
Grimm, L. J., & Harvey, J. A. (2022). Practical Steps to Writing a Scientific Manuscript. Journal of Breast Imaging, 4(6), 640–648. https://doi.org/10.1093/jbi/wbac059
Hartono, M. R. (2022). Peranan Filsafat Terhadap Pendidikan IPS dalam Perkembangan Karakter. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 156–162.
Hasnah, Y. (2017). Teachers as role models in nurturing students’ character. 3. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/kumpulandosen/article/download/1279/pdf_151
Hawa, S. (2022). Peran guru sebagai role model menurut konsep albert bandura dalam menerapkan kurikulum 2013. 15(1). https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i1.203
Hetherington, S. (2019). What is Epistemology. https://ci.nii.ac.jp/ncid/BC0548376X
Jaya, G., Warsah, I., & Istan, M. (2023). Kiat Penelitian Dengan Model Pendekatan Telaah Kepustakaan. Tik Ilmeu. https://doi.org/10.29240/tik.v7i1.6494
Jones, P. C. (1941). Idealism and Its Relation to Science. Philosophy of Science, 8(2), 142–146. https://doi.org/10.1086/286690
Krisdiana, M., Malihah, S., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Implementasi filsafat pendidikan idealisme di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 6561–6567.
Kurland, R., & Salmon, R. (2006). Education for the Group Worker’s Reality: The Special Qualities and World View of Those Drawn to Work with Groups. Social Work With Groups, 29, 73–89. https://doi.org/10.1300/J009V29N02_06
Mauluah, L. (2023). Implementasi Filsafat Idealisme menurut Pestalozzi dalam Pembelajaran Matematika SD/MI. https://doi.org/10.24235/sicee.v1i0.14584
Mubin, A. (2019). Refleksi Pendidikan Filsafat Idealisme. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(2).
Mufidah, A., & Sholehuddin, M. S. (2023). Filsafat Idealisme Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam. Journal of Creative Power and Ambition, 1(2), 91–100. https://doi.org/10.70610/jcpa.v1i02.76
Nurmalina, N., & Wahab, M. A. (2024). Filsafat Idealisme dalam Pendidikan. El-Mujtama, 4(3), 577–584. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i3.1757
Q., A. (2020). Pendidikan Filsafat Idealisme.
Rahayu, W., Tazkiyah, E., Murtadho, N., & Arifin, S. (2023). The Role of Teacher Ethics in Developing Student Character in School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i3.55245
Rahman, A., & Robandi, B. (2024). Foundations of Kurikulum Merdeka development in elementary education (from a philosophical perspective). Inovasi Kurikulum. https://doi.org/10.17509/jik.v21i1.65859
Rey, F. (2020). Can the Concept of Activity Be Considered as a Theoretical Device for Critical Psychologies (pp. 79–97). Springer, Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-15-2209-3_6
Rusdi. (2013). Filsafat Idealisme (Implikasinya dalam Pendidikan). Jurnal Dinamika Ilmu, 13(2), 291–306. https://doi.org/10.21093/di.v13i2.70
Rusdi, & Helmayunita. (2023). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Tipe Industri terhadap Carbon Emission Disclosure: Studi Empiris pada Perusahaan Non Industri Jasa yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2020. Jurnal Eksplorasi Akuntansi (JEA), 5(2), 452–465. https://doi.org/10.24036/jea.v5i2.638
Sadulloh, U. (2007). Pengantar Filsafat Pendidikan. Alpabeta.
Salmiyanti, S., & Desyandri, D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pandangan Filsafat Idealisme. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i2.3379
Small, R. V., & Mardis, M. A. (2018). Research Methods for Librarians and Educators. Libraries Unlimited. https://doi.org/10.5040/9798216007852
Smiles, V. M. (2015). Transcendent Mind, Emergent Universe in the Thought of Michael Polanyi. Open Theology, 1(1). https://doi.org/10.1515/OPTH-2015-0030
Suripto. (2016). Refleksi Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Idealisme. Edukasi, 4(1), 46–67.
Usiono. (2011). Aliran – Aliran Filsafat Pendidikan. Perdana Publishing.
Utami, G. A. O. (2022). Filsafat Idealisme, Teori Belajar dan Aliran-Aliran Pendidikan.