Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Bullying Di Sekolah Dasar

Authors

  • Lilis Ferawati Maria Magdalena Silitonga Lilis Ferawati Maria Magdalena Silitonga Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.3029

Keywords:

Pendidikan Karakter, Bullying, Bullying Fisik, Bullying Verbal, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami sejauh mana pendidikan karakter dapat berkontribusi dalam mengatasi bullying di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif agar dapat menggambarkan secara rinci bagaimana pendidikan karakter diterapkan dalam upaya pencegahan bullying. Penelitian ini mengumpulkan data kualitatif dengan menggunakan metode observasi langsung, wawancara mendalam dengan para responden terdiri dari kepala sekolah, wali kelas, dan siswa kelas V serta dokumentasi di SDN Parumasan. Berdasarkan hasil penelitian siswa kelas V mengalami perilaku bullying baik secara fisik maupun verbal. Guru menggunakan berbagai strategi untuk mengatasi perilaku bullying, termasuk memberi nasihat, menegur, dan memberikan hukuman yang mendidik. Sekolah telah menerapkan pendidikan karakter kepada siswa kelas V melalui pendekatan yang berfokus pada suasana budaya sekolah, kelas dan lingkungan masyarakat. Pendidikan karakter kelas dilakukan dengan membiasakan siswa berdoa sebelum dan setelah proses pembelajaran, menghormati guru, menanamkan disiplin, dan mendorong siswa untuk berperilaku baik. Upacara bendera, Shalat Dhuha, senam, kolaborasi, dan kegiatan memperingati hari besar adalah contoh pendidikan karakter budaya sekolah. Pendekatan masyarakat memungkinkan orang tua dan komite sekolah untuk berpartisipasi secara aktif dalam acara seperti bakti sosial.

 

References

Adinda Larasati, V., Cucun Sunaengih, & Aah Ahmad Syahid. (2023). Pemberian Pendidikan Karakter Dengan Relevansi Pedagogi Dalam Film Animasi Upin Ipin. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1403–1415. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.5871

Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Afriani, L., Rahayu, S., & Ningsih, R. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Aksi Bullying pada Peserta Didik. 06(04), 780–793.

Aini, F. Q., Yuli, R., Hasibuan, A., & Gusmaneli, G. (2024). Pendidikan Karakter Sebagai Landasan Pembentukan Generasi Muda. 3(4).

Armini, N. N. S. (2024). Pelaksanaan pendidikan karakter di lingkungan sekolah sebagai upaya membentuk pondasi moral generasi penerus bangsa. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 113–125.

Badawi. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Akhlak Mulia Di Sekolah. Seminar Nasional Pendidikan, 207–218.

Baraldsnes, D., & Caravita, S. C. S. (2025). The Relations of Teacher Use of Anti-bullying Components at Classroom and Individual Levels with Teacher and School Characteristics. International Journal of Bullying Prevention, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s42380-024-00284-z

Dwijendra, U., Rambu, A., Roni, B., Dwijendra, U., & Kristiana, R. J. (2024). Pendidikan Karakter Di Indonesia Dalam Berbagai Perspektif ( Definisi , Tujuan , Landasan dan Prakteknya ). 2(2), 61–73.

Faruq, D. J., Wahidah, N., & Mukhsin, M. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Islami Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 25–33. https://doi.org/10.62097/au.v5i2.1583

Febriani, R. (2021). A Systematic Literature Review on the Formation of Global Diversity-Anti-Bullying Character in Madrasah Students. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 7(2), 121–127.

Haru, E. (2023). Perilaku Bullying Di Kalangan Pelajar. Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural, 11(2), 59–71. https://doi.org/10.60130/ja.v11i2.111

Khofi, M. B. (2024). Efektvitas Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Bullying. Jurnal Manajemen Pendidikann Islam, 3(1), 49–68.

Nursehah, A., Rohayati, Y., Al-muyassaro, M. A., Hidayani, S., Islam, U., Sultan, N., & Hasanuddin, M. (2024). Bullying di Sekolah The Role Of Character Education In Preventinng Bullying. 7923–7931.

Pradana, C. D. E. (2024). Pengertian Tindakan Bullying, Penyebab, Efek, Pencegahan dan Solusi. Jurnal Syntax Admiration, 5(3), 884–898. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i3.1071

Sari, N. M. D. S., Suastini, K., Anggawati, P. D. Y., Dinanti, D. P., Putri, N. L. W. A., & Ardianti, N. P. K. (2024). Mencegah Bullying di Sekolah Dasar. 4(2), 100.

Supriyatna, A. P., Hanifah, N., & Isrok’atun, I. (2024). Penerapan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV SD. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 397–408. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.765

Wulandari, D. R. (2022). Penanganan Bullying Melalaui Penguatan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Paradigma, 14(1), 177–194.

Yuvita Nur Arofah, & Nisaul Barokati Selirowangi. (2024). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mencegah Bullying pada Siswa Sekolah Dasar : Studi Kasus SDN Negeri Sraturejo II Kecamatan Baureno. Inovasi Pembelajaran, Bahasa, dan Sastra, 1(2), 33–38. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/rungkat/article/view/7872

Downloads

Published

2025-11-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Bullying Di Sekolah Dasar. (2025). EDUKASI, 13(2), 442-453. https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.3029