Implementasi Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Studi Kasus Praktik dan Refleksi Pedagogis Guru di SMA Negeri 2 Takengon

Authors

  • Budiman Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

DOI:

https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2956

Keywords:

pendekatan humanistik, pendidikan jasmani, pembelajaran berpusat pada siswa, refleksi pedagogis, pendidikan holistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran pendidikan jasmani, dengan fokus pada praktik pedagogis dan tindakan reflektif guru di SMA Negeri 2 Takengon. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pendidikan jasmani di sekolah tersebut telah menerapkan berbagai prinsip humanistik dalam proses pembelajaran, seperti pembelajaran yang berpusat pada siswa, pemberian pilihan aktivitas sesuai minat siswa, pembangunan komunikasi yang terbuka, serta penciptaan lingkungan belajar yang aman dan mendukung. Guru berperan sebagai fasilitator yang tidak hanya membimbing aktivitas fisik, tetapi juga mendorong perkembangan emosional dan sosial siswa. Refleksi pedagogis yang dilakukan secara rutin—baik melalui catatan pribadi maupun umpan balik dari siswa—membantu guru mengevaluasi dan meningkatkan strategi pembelajaran mereka. Implementasi pendekatan ini berdampak positif terhadap peningkatan motivasi, keterlibatan, dan kepercayaan diri siswa. Meskipun terdapat berbagai tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan keragaman karakter siswa, komitmen guru dalam menerapkan nilai-nilai humanistik terbukti memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan humanistik dalam pendidikan jasmani relevan dan efektif dalam mendukung perkembangan siswa secara utuh, baik secara fisik maupun emosional.

Author Biography

Budiman, Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

References

Barlow, Daniel Lenox. 1985. Educational Psychology: The Teaching Learning Process. Chicago, IL: Moody Press.

Dahar, Wilis, Ratna. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Denzin, Norman K., & Lincoln, Yvonna S. 2018. The Sage Handbook of Qualitative Research. California: SAGE Publications.

Elliot, Stephen N., Kraktocwill, Thomas R., Cook, Joan Littlefield, Tranvers, Jhon F. 2000. Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. Columbus, OH: The McGraw-Hill Compabies.

Herlambang, Y. T. 2021. Pedagogik: Telaah kritis ilmu pendidikan dalam multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Mujib, Zulfikar. 2020. Teori Humanistik Dan Implikasi Dalam Pembelajaran Pai Di Sma Sains Alquran Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 11–23.

Mulyati. 2005. Psikologi Belajar. Yogyakarta : CV Andi Offset 2005

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Budiman. (2025). Implementasi Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Studi Kasus Praktik dan Refleksi Pedagogis Guru di SMA Negeri 2 Takengon. EDUKASI, 13(1), 240–252. https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2956

Issue

Section

Articles