Studi Perspektif Peran Guru Penggerak Pada Satuan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.2967Keywords:
Guru Penggerak, Kurikulum, Transformasi PendidikanAbstract
Studi ini mengeksplorasi peran penting "Guru Penggerak" dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, Indonesia. Studi ini menyoroti bagaimana para guru ini, yang dilatih melalui program pembelajaran daring dan luring, berperan sebagai katalisator untuk transformasi pendidikan dengan menumbuhkan lingkungan belajar yang berpusat pada siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, dengan menggunakan wawancara dan observasi untuk mengumpulkan wawasan dari para guru yang telah berpartisipasi dalam program Guru Penggerak. Temuan menunjukkan bahwa para guru ini tidak hanya meningkatkan kompetensi mereka sendiri, tetapi juga menginspirasi rekan-rekan dan siswa mereka, sehingga berkontribusi pada budaya sekolah yang positif. Studi ini menekankan pentingnya kolaborasi antara pendidik, orang tua, dan masyarakat dalam mencapai tujuan pendidikan dan mengembangkan karakter siswa. Pada akhirnya, peran Guru Penggerak dianggap penting untuk mengembangkan praktik pengajaran yang inovatif dan efektif yang selaras dengan tuntutan abad ke-21.
References
Aditiya, Novela & Fatonah, Siti. (2023). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 108-116.10.24246/j.js.2023.v13.i2.p108-116.
Anggriawan, F., Hadiyanto, H., & Hidayat, M. (2024). Kontribusi Peran Guru Penggerak dan Kinerja Guru Terhadap Kepuasan Peserta Didik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 549-562. https://doi.org/10.58230/27454312.1464
Budi Teguh Harianto. (2023). Problematika Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka : Jurnal Khazanah Intelektual, 7(1), 1567–1583. https://doi.org/10.37250/khazanah.v7i1.184
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran, Edisi IV Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Eni, E. (2023). Guru Penggerak Sebagai Harapan Baru Lahirnya Calon Kepala Sekolah Inovatif. Armada Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(6), 469–474. https://doi.org/10.55681/armada.v1i6.586
Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82-88. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876
Gustiningsi, T., Ilma, R., Putri, I., & Hapizah, Z. (2024). LEPscO: Mathematical literacy learning environment for the Guru Penggerak program. Journal on Mathematics Education.
Kemdikbudristek. (2022) Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 26 Tahun 2022 Tentang Pendidikan Guru Penggerak.
Kemendikdasmen. (2025) Peraturan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 7 Tahun 2025 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.
Handara, T. S. (2022). Analisis Konsep Guru Penggerak: Pandangan Ki Hajar Dewantara. Jurnal As Sibyan Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar , 5 (2), 79 – 91
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK).
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714
Karelu, Yunus, M., & Nurdin. (2025). Pengaruh Pelatihan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar SD Inpres Jenebatu. EDUKASI, 13(1), 111–121. https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2928
Kusumadewi, R., Susilowati, N., Hariyani, L., & Nita, A. F. (2023). Peranan Guru Penggerak Dalam Kurikulum Merdeka Era Merdeka Belajar. Jurnal Impresi Indonesia, 2(8), 821-827.
https://doi.org/10.58344/jii.v2i8.2692
Manao, M. M., Sijabat, O. P., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., Panjaitan, S., (2022). Meningkatkan Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa). 2. 130-144. 10.46229/elia.v2i1.404.
Masau, D., & Arismunandar, A. (2024). Peran Guru Penggerak Dalam Mensukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 163–168. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1378
Maula, N. (2020). Strategi Sumber Daya Manusia: Studi Eksplorasi Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Jagat Raya, Desa Kedongdong, Kabupaten Cirebon-Indonesia : Strategi Sumber Daya Manusia: Studi Eksplorasi Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Jagat Raya, Desa Kedongdong, Kabupaten Cirebon-Indonesia . Jurnal Khazanah Intelektual, 2(1),94–108. https://doi.org/10.37250/newkiki.v2i1.17
Mulyasa, E., (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta : Bumi Aksara
Nurfadillah, R., & Mustika, D. (2024). Peran guru penggerak dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Educatio, 10(1),329. https://doi.org/10.29210/1202424205
Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219-232.
Rahmawati, H., Iskandar, S., Rosmana, P., Nabilah, A. P., Rahmawati, A., Herlina, P., & Agustiani, N. (2023). Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4039-4050.
Sumarni, S., Abdullah, E., Herlina, B., Nurfadillah, N., Soraya, A. N., & Febriana, B. I. (2023). Analisis Peran Guru Penggerak Dalam Peningkatkan Mutu Sekolah di SMP Negeri 1 Majauleng. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3909–3922. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5285
Sugiyono, (2022) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Surahman, S., Rahmani, R., Radiana, U., & Saputra, A. I. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(04), 376-387.
Suyamti, E.S., Santoso, R.B., & Febriyanti, P. (2024). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Menyemai Inovasi Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti.
Tarihoran, E. (2019). Guru dalam pengajaran abad 21. Sapa: Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46-58.

