Pengaruh Pelatihan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar SD Inpres Jenebatu
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2928Keywords:
pelatihan guru, Kurikulum Merdeka Belajar, efektivitas pelatihanAbstract
Peningkatan kualitas pendidikan merupakan salah satu fokus utama dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Namun, keberhasilan kurikulum ini sangat bergantung pada efektivitas pelatihan yang diterima oleh para guru sebagai pelaksana utama. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengukur dan mengevaluasi tingkat efektivitas pelatihan yang diberikan kepada guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di SD Inpres Jenebatu. 2) Untuk mengetahui pengaruh pelatihan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar di SD Inpres Jenebatu Kec. Bungaya Kab. Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional non-eksperimental. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi terhadap tujuh guru yang merupakan populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini (menggunakan teknik sampling jenuh) di SD Inpres Jenebatu, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial, termasuk uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelatihan yang diberikan kepada guru di SD Inpres Jenebatu terbukti sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar. Pelatihan guru sangat efektif, ditandai dengan kategori "Sangat Tinggi" dalam penguasaan dan implementasi kurikulum. 2). Pelatihan guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD Inpres Jenebatu. Data statistik menunjukkan nilai sig. 0.004<0.005 serta R2 sebesar 84,3% terhadap variabel dependen. Implikasi dari temuan ini menekankan pentingnya pelatihan berkualitas dan berkelanjutan bagi guru, serta dukungan institusional dari pihak sekolah dan pemerintah dalam penyelenggaraan pelatihan yang lebih dekat dan aplikatif.
References
Anaguna, N., Apriyanto, A., & Syahrir, N. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Majene. https://doi.org/10.31334/jks.v6i2.3584
Anggraini, G., & Winarti, W. (2023). Problematika Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Daerah Tanpa Jaringan Listrik (Studi di SMPN Satu Atap 2 Mentaya Hulu). https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i2.5534
Atstsaury, S., Hadiyanto, H., & Supian, S. (2023). Principal’s Strategy to Improve Teachers Professional Competence. Munaddhomah. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v5i1.775
Diah Rusmala Dewi. (2019). Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Dalam Menghadapi Tuntutan Abad Ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123
Erwina, Elpisah, & Syarifuddin. (2025). Influence of Discipline , Character , and Creativity on Noble Behavior in P5 IPAS Grade IV. International Journal of Social Welfare and Family Law, 1(2), 37–47.
Fadillah, C. N., Munawarah, M., & Aulia, R. (2023). Persepsi guru paud tentang pentingnya pelatihan kurikulum merdeka. In Jurnal dedikasi pendidikan/Dedikasi: Jurnal Pendidikan dan Keguruan Universitas Abulyatama (Vol. 7, Issue 2, pp. 367–374). https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i2.3723
Hardiansyah, H. (2023). Implementasi projek kewirausahaan dalam mendukung profil pelajar pancasila di sman 1 sikur. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.9247
Ibrahim, Z., & Marcaccio, S. (2023). Study population (pp. 103–105). Elsevier BV. https://doi.org/10.1016/b978-0-323-91259-4.00105-3
Ikram, F. Z., Anaguna, N., & Rosidah, R. (2023). Merdeka Mengajar: an Ultimate Platform for Teachers’ Competence Development. Jurnal MediaTIK, 166–173. https://doi.org/10.59562/mediatik.v6i3.2337
Komariyah, L., Sulaeman, N. F., & Nuryadin, A. (2024). Strengthening Teacher Competencies in the Era of Independent Curriculum through the Implementation of Change Management. https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i2.11295
Linda. (2022). Kurikulum Merdeka dengan Berbagai Keunggulan. PSKP KEMENDIKBUDRISTEK.
Mukhibin, A., Rusyid, H. K., Lutfi, A., Mardliyah, S., Dahlan, J. A., & Jupri, A. (2024). Pelatihan Penyusunan Asesmen Diagnostik dalam Kurikulum Merdeka bagi Guru di MTs dan MA Sekolah Cinta Ilmu. Jurnal Surya Masyarakat, 6(2), 241. https://doi.org/10.26714/jsm.6.2.2024.241-250
Mulasi, S., Usman, J., Suyanta, S., & Musayyada, M. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah di Aceh Barat. 31–44. https://doi.org/10.71039/istifham.v2i1.50
My, N., Hajar, S., & Arsyad, M. N. F. (2024). Applications Utilizing Quizizz for Game-Based Learning in Elementary Science Education. Journal of Education and Computer ApplicationsComputer Applications, 1(1). https://jeca.aks.or.id/index.php/jeca/index
Nazariana, N., Akmaluddin, A., & Kasmini, L. (2024). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mendukung Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Montasik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.833
Nurhayati, S., Fitri, A. G., Amir, R., & Zalisman, Z. (2024). Analysis of the Implementation of Training on Digital-based Learning Media to Enhance Teachers’ Digital Literacy. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4029
Nuriah, C. I., Silvia, O., Pratiwi, P. D. N., Sari, S. R., Rhomadoni, S., & Zad, T. F. K. (2023). Meningkatkan Kemandirian dan Kreativitas Siswa dalam Pendidikan Kurikulum Merdeka. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.172
Nuriyah, S. (2020). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 4(2), 165. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i2.187
Nurlaily, V. A., Nafisah, D., Dayu, D. P. K., & Cindy, A. H. (2024). Training in digital literacy activities to improve teacher competencies in the era of the independent learning curriculum. In Abdi Masya (Vol. 5, Issue 1, pp. 53–59). https://doi.org/10.52561/abdimasya.v5i1.373
Nurohmah, K., Nurjamin, L. R., & Hamzah, A. (2024). Navigating the merdeka curriculum: english transformational teachers’ challenges with project-based learning. English Education and Applied Linguistics Journal, 7(2), 68–78. https://doi.org/10.31980/eeal.v7i2.1761
Pengabdian, J., Masyarakat, K., Anjarwati, A., Sriwijayanti, R. P., Isyuniandri, D., Fatimattus, P., Zahra, A., Zahro, U., Aulia, & Aulia, U. Z. (2024). Training of “Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)” Through in House Training (IHT) For 21st Century Prospective Teacher Student Communities. https://doi.org/10.36526/gandrung.v5i1.3416
Pertiwi, P. D., Noviyalosi, Nindiasari, H., & Sukirwan. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717–1726.
Prihatini, A., & Sugiarti. (2022). Citra Kurikulum Baru : Kesiapan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Ghâncaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, I(2), 58–70. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7447
Putra, E. S. I. (2021). Pendidikan IPS di Era Globalisasi: Sebuah Pendekatan Kurikulum Pembelajaran. Jurnal Pendidikan EDUKASI, 9(1), 15–31.
Putri, N. I. (2023). Hambatan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran Di Sd Negeri 3 Brosot. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 5(1), 51. https://doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8943
Rachman Syam Tuasikal, A., Ridwan, M., & Fathur Rohman, M. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Laksana Olahraga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(02), 79–88.
Rumahorbo, R. (2024). Peningkatan kompetensi guru slb bhakti luhur nanga pinoh dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar melalui diklat. https://doi.org/10.51878/manajerial.v3i4.2646
Samritin, Kamarudin, Irwan, & Akbar, A. (2024). Independent Curriculum Implementation Training for Students of the Elementary School Teacher Education Study Program at SDN 3 Baubau. https://doi.org/10.59110/rcsd.390
Sartika, D. (2023). Role of the Principal on Teacher Pedagogic Competence. 1(01), 29–34. https://doi.org/10.59653/jemls.v1i01.14
Sigiyuwanta, R., Mustiningsih, M., & Nurabadi, A. (2024). Analysis of problems in planning and organizing independent curriculum in madrasah ibtidaiyah: teacher’s perspective. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 8(2), 163–174. https://doi.org/10.21067/jbpd.v8i2.10113
Siruwa, W., Mappincara, A., & Hasan, H. (2023). Pelatihan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pengelolaan Kelas Rangkap Di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.55983/empjcs.v2i5.415
Sole, A. I. S., Pa, H. B., Boineno, M., & Selan, D. Y. (2023). Peningkatan kompetensi guru SMP Kristen Taaba melalui pelatihan Kurikulum Merdeka Belajar. https://doi.org/10.29408/ab.v4i2.24085
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2018). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sukarno, S., Purwanti, J. I. S., Supianto, Istiyati, S., & Mahfud, H. (2022). Implementation of Independent Curriculum for Elementary Schools in Indonesian Schools Abroad. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i10.8398
Sulfadli, & Supartinah. (2023). Effect of Implementation of Independent Curriculum on Learning Interest and Character of Elementary School Students. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA). https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.4321
Sunarni, & Karyono, H. (2022). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(02), 1619–1621.
Vehovar, V., Toepoel, V., & Steinmetz, S. (2016). Non-probability Sampling (pp. 329–345). LondonSAGE. https://doi.org/10.4135/9781473957893.N22
Wuwur, E. S. P. O. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417
Yuliandari, E., Muhtarom, M., Rasyid, M., Raharjo, R., & Widiatmaka, P. (2024). Teacher Competence: Development of Pancasila Education Teaching Materials Based on the Merdeka Curriculum in the Society 5.0 Era. Al-Ishlah, 16(4). https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.6075
Zuryanty, Z. (2019). Kesiapan Guru Mengimplementasikan Kurikulum 2013: Studi Pada Sekolah Dasar Pilotting. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 26. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106195