GURU SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.32520/judek.v9i2.1728Keywords:
Guru, Supervisor, PendidikanAbstract
Supervisi pendidikan dapat diartikan sebagai bimbingan professional bagi guru-guru. Bimbingan professional merupakansegala usaha yang memberikan kesempatan bagi guru-guru untuk berkembang secara professional, sehingga mereka lebih maju lagi dalam melaksanakan tugas pokoknya, yaitu memperbaiki dan meningkatkan proses belajar murid-muridnya. Berdasarkan banyak jenis pekerjaan yang dilakukan oleh guru-guru maupun para karyawan Pendidikan. Supervisi di dalam dunia pendidikan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu supervisi umum dan supervisi pengajaran. Disamping kedua jenis supervisi tersebut kita mengenal pula supervisi pendidikan memiliki esensi pada sebuah pembinaan dalam rangka membantu meningkatkan kegiatan proses belajar megajar guru dikelasnya dan dilaksanakan secara terprogram. Supervisi pendidikan dalam diartikan bahwa supervisi pendidikan merupakan bentuk pembinaan dalam peningkatan mutu pembelajaran yang dilakukan oleh guru agar dapat menuju kearah yang lebih baik. Fungsi dari supervisi pendidikan yaitu menyelenggarakan inspeksi (pengawasan), penilaian, latihan dan pembinaan. Tujuan supervisi pendidikan adalah untuk mengembangkan situasi belajar mengarah kearah yang lebih baikistilah supervisi klinis, pengawasan melekat, dan pengawasan fungsional.
References
Meningkatkan Layanan Mutu Pendidikan. EDUKASI, 7(2), 1-21.
Ngalim Purwanto, M, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung, 1991.
Zaini, Mohd. 2010. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Tembilahan : Universitas Islam Indragiri.
Hajar Dewanto. Tupoksi. Tugas –tugas Pokok dam Fungsi Semua Perangkat Sekolah. Diambill pada 12 Maret 2018 dari http://ilabus.org/tupoksi//amp/.
Jurnal Edukasi, ISSN: 2087-0310. E-ISSN: 2721-7728, Vol. 8 No. 1 Tahun 2020. https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/judek/article/view/1112/749