Pengembangan Pendidikan Tinggi Islam: Kajian Kebijakan dan Penguatan Sumber Daya Manusia di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.3008Keywords:
Pengembangan, Pendidikan Tinggi Islam, Kebijakan, Sumber Daya Manusia, Era DigitalAbstract
Pengembangan pendidikan tinggi Islam di era digital merupakan bagian dari transformasi sistem pendidikan yang menuntut respons cepat dan adaptif dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Kajian ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual arah kebijakan pengembangan pendidikan tinggi Islam dan strategi penguatan sumber daya manusia (SDM). Masalah ini ditangani dengan menggunakan penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa studi pustaka. Data diperoleh dari artikel, buku-buku yang relevan, dan manuskrip tentang pengembangan pendidikan tinggi Islam. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa kebijakan strategis seperti transformasi digital, tata kelola modern, dan program Merdeka Belajar–Kampus Merdeka perlu disinergikan dengan kesiapan dan kompetensi SDM agar dapat diimplementasikan secara optimal. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan teknologi, rendahnya literasi digital, serta resistensi terhadap perubahan budaya akademik. Oleh karena itu, diperlukan model penguatan SDM yang mencakup transformasi kelembagaan, pelatihan berkelanjutan, dan kolaborasi lintas sektor. Studi ini merekomendasikan sinkronisasi antara arah kebijakan dan kapasitas SDM sebagai kunci keberhasilan transformasi digital PTKI secara berkelanjutan dan berdaya saing.
References
Aditya, R. Q., & Suranto, S. (2024). The Role of Educational Transformation in the Digital Era in Improving Student Quality. L Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(3), 1756. https://doi.org/10.35931/aq.v18i3.3301
Alwan, H., A, A., & Akhyar, Y. (2023). Perkembangan Pendidikan Tinggi ISLAM di Indonesia (Studi Kasus STIT AI-Kifayah Ke STAI AI-Kifayah). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 901. https://doi.org/10.58230/27454312.324
Annur, S., Ibrahim, I., & Febrianto, A. (2024). Pelaksanaan Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Di SMP Negeri 55 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 9343. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8985
Arifudi, L. (2021). Pengembangan Dan Pembaharuan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Di Indonesia: Gagasan Dan Implementasinya. Al-Afkar : Journal of Islamic Studies, 4(2), 432.
Bashori, Yolanda, M., & Wulandari, S. (2020). Konsep Kepemimpinan Abad 21 Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 115.
Basri, H. (2002). Dinamika Pemikiran Islam Di Perguruan Tinggi: Wacana Tentang Pendidikan Agama Islam.
Ferdino, M. F., Ismail, F., & Afgani, M. W. (2025). Inovasi dalam Organisasi Pendidikan: Kepekaan, Proses, dan Pengambilan Keputusan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 480–487. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.408
Ferdino, M. F., & Sirozi, M. (2025). Dampak Ekonomi Neoliberal terhadap Sistem dan Tata Kelola Pendidikan di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 6(1), 86. https://doi.org/10.51673/jips.v6i1.2457
Ferdino, M. F., Zuhdiyah, Z., & Handayani, T. (2024). Peran Pendekatan Sosial pada Pendidikan Islam Sebagai Solusi dalam Menghadapi Tantangan Perubahan Zaman. Attractive : Innovative Education Journal, 6 (3), 135. https://doi.org/https://doi.org/10.51278/aj.v6i3.1467
Harto, K. (2018). Tantangan Dosen PTKI di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15.
Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Penulisan dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia.
Hendra, Ishomuddin, & Faridi. (2023). Pembaharuan Kelembagaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam: Tantangan Dan Peluang Dalam Era Modernisasi. Tajdid : Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(2), 165. https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1851
Khairunnisa, K., Aprison, W., & Pratama, A. R. (2024). Mengintegrasikan Pembiayaan Pendidikan Islam dengan Kebijakan Nasional dalam Mewujudkan SDGs No. 4 : Kajian QS. Al-Mujadallah Ayat 12-13, UU No. 20 Tahun 2003, dan Teori Human Capital. Jurnal Visi Manajemen, 10(1), 10. https://doi.org/10.56910/jvm.v10i1.504
Kurniasih, A. (2021). Pendekatan Studi Islam di Perguruan Tinggi Islam. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 12–25.
Listiyoningsih, S., Hidayati, D., & Winarti, Y. (2022). Strategi Guru Menghadapi Transformasi Digital. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 65–662. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.389
Pudjiarti, E. S. (2023). Transformasi Organisasi: Membangun Kultur Pembelajaran untuk Menghadapi Tantangan Masa Kini. BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS, 2(1), 10.
Rodin, R., Hidayah, J., Endang, Harmi, H., Fakhruddin, & Sutarto. (2025). Manajemen Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi Islamdi Indonesia: Sistematic Review. Dirasah : Jurnal Study Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 36. https://doi.org/10.58401/dirasah.v8i1.1644
Roqib, M. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. LkiS.
Taufik, M., Ansori, M. A., & Andari, A. A. (2023). Dynamics of Darul Dakwah wal Irsyad Education Institute. Scaffolding : Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(3), 140–156. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i3.3479
Yakin, A. (2005). Pendidikan Multikultural. Pilar Media.
Zainudin. (2023). Pemikiran Tentang Pengembangan Pendidikan Tinggi Islam. Fikroh: Jurnal Studi Islam, 7(1), 3.

