Strategi Pengembangan SDM dalam Lembaga Pendidikan Berbasis Kompetensi di SMA 5 Muhammadiyah Takengon
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.3034Keywords:
Pengembangan SDM, pendidikan berbasis kompetensi, strategi manajemen, SMA 5 Muhammadiya, mutu PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam lembaga pendidikan berbasis kompetensi di SMA 5 Muhammadiyah Takengon. Fokus kajian meliputi proses perekrutan, pengembangan, dan penilaian kinerja tenaga pendidik dan kependidikan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi perekrutan dilakukan secara objektif dan transparan melalui jalur internal maupun eksternal dengan mempertimbangkan nilai-nilai keislaman dan kesesuaian kompetensi. Pengembangan SDM dilaksanakan melalui pelatihan berkelanjutan bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), MGMP, dan institusi Muhammadiyah, yang menitikberatkan pada penguasaan kurikulum, penggunaan teknologi, dan penguatan karakter islami. Penilaian kinerja menggunakan berbagai metode seperti umpan balik 360 derajat, portofolio, dan LMS, meskipun masih menghadapi kendala seperti subjektivitas penilai dan keterbatasan data objektif. Secara keseluruhan, strategi pengembangan SDM di sekolah ini menunjukkan pendekatan holistik dan adaptif yang dapat menjadi model bagi pengembangan SDM di lembaga pendidikan lain.
References
Abdurahman, A., Rahman, D., & Badrudin, B. (2024). Manajemen Pengembangan Karakter pada Lembaga Pendidikan Islam. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 133–146. https://doi.org/10.54150/thawalib.v5i1.332
Agustika, E., Andari, A. A., & Firmayanti, A. I. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. UNISAN JURNAL: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 02(02), 521–530. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal
Ainiyah, N., Kurniawan, R., Irfandi, A. S., Trihantoyo, S., & Sholeh, M. (n.d.). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Produktivitas Organisasi The Role of Human Resources in Enhancing Organizational Productivity. April 2025.
Assayakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. a, & Afgani, M. W. (2023). Jurnal pendidikan sains dan komputer metode studi kasus dalam penelitian kualitatif jurnal pendidikan sains dan komputer. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 1–9.
Bahri, S., Sakdiyah, H., & Tanjung, H. B. (2024). Relasi guru dengan murid dalam perspektif pendidikan Islam. 17(2), 473–494. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i2
Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENGATASI DEGRADASI MORAL KOMUNIKASI KELUARGA. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Fika, N., & Zohriah, A. (2024). Nomor (1), Maret 2024. Jambura Journal of Educational Management, 5, 248–257. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjem/index
Hafsah, Saddam, & Endang, S. (2023). Pendidikan Sebagai Ilmu Pengetahuan: Kajian Ontologis, Epistemologi dan Aksiologi Pedagogik. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 11(2), 33–43.
Hesti Kusumaningrum, Alif Rahman Hakim, Ahmad Rizky Nur Rajab, & Rayyana Fithras Kiram. (2024). Implementasi Model Manajemen Strategik Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(3), 115–127. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i3.1577
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi Pendidikan:Peran Pendidikan BerkelanjutanDalam Menghadapi Tantangan AbadKe-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.
Kader, M. R. (2022). Al-Hasib: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 169–177.
Mukhid, A., Hadi, S., Siswanto, S., Thoha, M., & Usman, J. (2023). Penjaminan Mutu Pendidikan Pesantren Dengan Teknologi Pembelajaran. http://repository.iainmadura.ac.id/973/%0Ahttp://repository.iainmadura.ac.id/973/1/PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DENGAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN.pdf
Nasional, B. R. I. (2024). Peran vital guru dalam meningkatkan efikasi diri siswa berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran. Model, Metode, dan Strategi, 99.
Palu, D. A. (2023). Digital Tenaga Pendidik Di Sekolah. 1–141.
Raichanah, N., & Najicha, F. U. (2023). Peran Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Hoax. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 122–128. https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9940
Rajasa, A. J. (2024). KRITIK DAN STRATEGI KEBIJAKAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PAPUA : ANALISIS IMPLEMENTASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA. 8(12), 264–271.
Ridwan, A., Ikbal, M., & Rahman, M. Z. (2023). The Political Role of Islamic Education in Improving the Quality of Human Resources. Journal of Education Research, 4(3), 917–923.
Sangsurya, Y., Muazza, M., & Rahman, R. (2021). Perencanaan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sd Islam Mutiara Al Madan Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 766–778. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.644
Wahyudi, S. (2023). Peran strategis kelompok kerja pengawas dalam peningkatan kompetensi kepala Madrasah Aliyah se-Kabupaten Banjarnegara (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri (Indonesia)).
Wati, M., Bintang, H., Juliana, L., Setiawati, M., & Hayati, N. (2025). Efektivitas Manajemen Kurikulum Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. 01(04), 391–398.