Strategi Pengembangan SDM dalam Lembaga Pendidikan Berbasis Kompetensi di SMA 5 Muhammadiyah Takengon

Authors

  • Murthada Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

DOI:

https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.3034

Keywords:

Pengembangan SDM, pendidikan berbasis kompetensi, strategi manajemen, SMA 5 Muhammadiya, mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam lembaga pendidikan berbasis kompetensi di SMA 5 Muhammadiyah Takengon. Fokus kajian meliputi proses perekrutan, pengembangan, dan penilaian kinerja tenaga pendidik dan kependidikan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi perekrutan dilakukan secara objektif dan transparan melalui jalur internal maupun eksternal dengan mempertimbangkan nilai-nilai keislaman dan kesesuaian kompetensi. Pengembangan SDM dilaksanakan melalui pelatihan berkelanjutan bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), MGMP, dan institusi Muhammadiyah, yang menitikberatkan pada penguasaan kurikulum, penggunaan teknologi, dan penguatan karakter islami. Penilaian kinerja menggunakan berbagai metode seperti umpan balik 360 derajat, portofolio, dan LMS, meskipun masih menghadapi kendala seperti subjektivitas penilai dan keterbatasan data objektif. Secara keseluruhan, strategi pengembangan SDM di sekolah ini menunjukkan pendekatan holistik dan adaptif yang dapat menjadi model bagi pengembangan SDM di lembaga pendidikan lain.

References

Abdurahman, A., Rahman, D., & Badrudin, B. (2024). Manajemen Pengembangan Karakter pada Lembaga Pendidikan Islam. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 133–146. https://doi.org/10.54150/thawalib.v5i1.332

Agustika, E., Andari, A. A., & Firmayanti, A. I. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. UNISAN JURNAL: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 02(02), 521–530. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal

Ainiyah, N., Kurniawan, R., Irfandi, A. S., Trihantoyo, S., & Sholeh, M. (n.d.). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Produktivitas Organisasi The Role of Human Resources in Enhancing Organizational Productivity. April 2025.

Assayakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. a, & Afgani, M. W. (2023). Jurnal pendidikan sains dan komputer metode studi kasus dalam penelitian kualitatif jurnal pendidikan sains dan komputer. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 1–9.

Bahri, S., Sakdiyah, H., & Tanjung, H. B. (2024). Relasi guru dengan murid dalam perspektif pendidikan Islam. 17(2), 473–494. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i2

Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENGATASI DEGRADASI MORAL KOMUNIKASI KELUARGA. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Fika, N., & Zohriah, A. (2024). Nomor (1), Maret 2024. Jambura Journal of Educational Management, 5, 248–257. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjem/index

Hafsah, Saddam, & Endang, S. (2023). Pendidikan Sebagai Ilmu Pengetahuan: Kajian Ontologis, Epistemologi dan Aksiologi Pedagogik. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 11(2), 33–43.

Hesti Kusumaningrum, Alif Rahman Hakim, Ahmad Rizky Nur Rajab, & Rayyana Fithras Kiram. (2024). Implementasi Model Manajemen Strategik Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(3), 115–127. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i3.1577

Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi Pendidikan:Peran Pendidikan BerkelanjutanDalam Menghadapi Tantangan AbadKe-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.

Kader, M. R. (2022). Al-Hasib: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 169–177.

Mukhid, A., Hadi, S., Siswanto, S., Thoha, M., & Usman, J. (2023). Penjaminan Mutu Pendidikan Pesantren Dengan Teknologi Pembelajaran. http://repository.iainmadura.ac.id/973/%0Ahttp://repository.iainmadura.ac.id/973/1/PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DENGAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN.pdf

Nasional, B. R. I. (2024). Peran vital guru dalam meningkatkan efikasi diri siswa berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran. Model, Metode, dan Strategi, 99.

Palu, D. A. (2023). Digital Tenaga Pendidik Di Sekolah. 1–141.

Raichanah, N., & Najicha, F. U. (2023). Peran Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Hoax. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 122–128. https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9940

Rajasa, A. J. (2024). KRITIK DAN STRATEGI KEBIJAKAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PAPUA : ANALISIS IMPLEMENTASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA. 8(12), 264–271.

Ridwan, A., Ikbal, M., & Rahman, M. Z. (2023). The Political Role of Islamic Education in Improving the Quality of Human Resources. Journal of Education Research, 4(3), 917–923.

Sangsurya, Y., Muazza, M., & Rahman, R. (2021). Perencanaan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sd Islam Mutiara Al Madan Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 766–778. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.644

Wahyudi, S. (2023). Peran strategis kelompok kerja pengawas dalam peningkatan kompetensi kepala Madrasah Aliyah se-Kabupaten Banjarnegara (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri (Indonesia)).

Wati, M., Bintang, H., Juliana, L., Setiawati, M., & Hayati, N. (2025). Efektivitas Manajemen Kurikulum Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. 01(04), 391–398.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Murthada. (2025). Strategi Pengembangan SDM dalam Lembaga Pendidikan Berbasis Kompetensi di SMA 5 Muhammadiyah Takengon. EDUKASI, 13(1), 264–284. https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.3034

Issue

Section

Articles