Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Wan Azman Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, Riau, Indonesia
  • Decky Saputra

DOI:

https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2934

Keywords:

Evaluasi Pendidikan Agama Islam

Abstract

Salah satu model evaluasi yang banyak digunakan adalah CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam, yang dirancang untuk menilai suatu program secara menyeluruh dengan mempertimbangkan konteks, masukan, proses, dan hasil. Melalui evaluasi ini, jurnal ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam mengenai bagaimana faktor konteks, sumber daya, proses pelaksanaan, dan hasil pembelajaran berkontribusi terhadap pencapaian tujuan pendidikan agama di sekolah. Metode yang digunakan pada riset ini yakni literature review. Analisis evaluasi model CIPP dalam program pendidikan kelas percepatan menggunakan teknik pengumpulan informasi ataupun sumber yang telah diteliti berupa penjelasan atau pembahasan mengenai teori-teori yang terkait dengan temuan atau topik penelitian tersebut. Evaluasi metode CIPP (Context, Input, Process, Product) adalah pendekatan komprehensif yang digunakan untuk menilai efektivitas suatu program atau kebijakan pendidikan. Evaluasi ini berfokus pada tiga aspek utama, yaitu kebutuhan, tujuan pemenuhan, dan karakteristik individu yang menjadi sasaran program. Dengan menerapkan model evaluasi CIPP secara optimal, para pemangku kebijakan, pendidik, dan akademisi dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam untuk mengembangkan metode pengajaran dan kebijakan yang lebih inovatif dan sesuai dengan perkembangan zaman.

References

Hattarina, S., & Agustin, R. (2024). EVALUASI KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA SEKOLAH DASAR. CENDEKIA PENDIDIKAN, 3(1), 19.

Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Perdana Publishing.

Jamaluddin, J., Muh. Judrah, Ardianti, Dina Islamiah, Ferawati, & Mytra, P. (2022). EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PAI MELALUI MODEL CIPP DI UPT SMA NEGERI 4 SINJAI. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 3(1), 62–74.

Kumalasari, B., & Idawati, L. (2023). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di SD Athalia dengan Model CIPP. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 11(2), 61–72.

Mahardhika Abdillah, I. (2023). Evaluasi Pembelajaran PAI Menggunakan Model CIPP di SMP Raden Fatah Cimanggu Kabupaten Cilacap. UIN Saifuddin Zuhri.

Maindrajati, B. (2021). Evaluasi Proses Pembelajaran Jarak Jauh PAI dengan Model CIPP di SMKN 7 Kabupaten Tangerang. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mega Kusuma Pratiwi. (2024). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Muhammadiyah. JPGENUS: Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara, 1(2), 162–169.

Muhammad Habil, Remiswal, & Khadijah. (2024). EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DALAM PENINGKATAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MAS AL FURQAN KOTA PADANG. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 114–121.

Mukhdlor, M. F., Syam, A. R., & Syahri, M. A. (2024). Evaluasi Kurikulum Merdeka Menggunakan Model CIPP di Sekolah Dasar. JPION, 3(2).

Munandar, A., et al. (2023). Evaluasi Program Pendidikan: Tinjauan terhadap Efektivitas dan Tantangan Islam. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 128–135.

Nurhayani, N., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Pendidikan Karakter sebagai Fungsi Pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8).

Nurindarwati, R., Mulyoto, M., & Hasyim, A. D. (2022). MODEL EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 10(2).

Prasetiyo, C. I. (2024). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di SMA XYZ Green Ville dengan Metode CIPP. EduTech: Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(3).

Purnomo, A. H., Nasution, D. R., Annisa, R. M., Syaroh, M., & Sari, D. M. (2022). Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 2235–2241.

Puspitasari, A., Muadin, A., & Salabi, A. S. (2023). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Menggunakan Model CIPP di SD Bontang. An-Nizom, 8(1), 49–58.

Putri, S. N. E., Vidia, R. M., Martina, K., Sogen, A. T. ., Warpala, W. S., & Suartama, I. K. (2024). Evaluasi Implementasi Program Kelas Percepatan Menggunakan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Jurnal Basicedu, 8(4), 2891–2899.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(2), 243–250.

RAHMAYANTI, J. D. (2024). MODEL EVALUASI CIPP PADA PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 15(1), 33.

Rohmah, A., & Mukhdlor, M. F. (2024). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Menggunakan CIPP. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3).

Sabbardi, M., Sukma, D. P., & Rahman, H. (2024). Evaluasi penanaman karakter melalui kegiatan P5 di SMKN 1 Dukuhturi dengan model CIPP. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 6(2), 337–345.

Saidah, M. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 dengan Menggunakan Model Evaluasi CIPP di SMA Negeri 1 Kencong. Universitas Negeri Jember.

Santoso, B., Triono, M., & Zulkifli, Z. (2023). Tantangan Pendidikan Islam Menuju Era Society 5.0: Urgensi Pengembangan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 54–61.

Siahaan, A. (2023). Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal of Education, 5(3), 6933–6941.

Syafaatunnisa, S., Salmani, S. M., Agussalim, R., Samsul Arifin, B., & Safwandy Nugraha, M. (2024). Kriteria Evaluasi Pembelajaran PAI di Era Society 5.0. Rayah Al-Islam, 8(3), 719–732.

Tsani, I., et al. (2021). Evaluasi Model CIPP pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 7 Kota Kediri. Jurnal Tadzkiyyah, 10(2).

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Azman, W., & Saputra, D. (2025). Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edukasi, 13(1), 162–170. https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2934

Issue

Section

Articles