Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah di Madrasah Tsanawiyah Nahdhatus Shibyan
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v12i2.2893Abstract
Kompetensi manajerial kepala sekolah merupakan kemampuan kepala sekolah yang berupa kemampuan teknis dalam menjalankan tugasnya sebagai manajer disuatu lembaga pendidikan. Kepala sekolah memiliki peran yang sangat mempengaruhi dalam mengkoordinasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia di sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kompetensi manajerial kepala sekolah di Madrasah Tsanawiyah Nahdhatus Shibyan. Dan peneliti ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengarui kompetensi manajerial kepala sekolah di Madrasah Tsanawiyah Nahdhatus Shibyan.Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi manajerial kepala sekolah dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi manajerial kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Nahdhatus Shibyan Teluk Kiambang. Teknik pengumpulan data ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kompetensi manajeria kepala sekolah di Madrasah Tsanawiyah Nahdhatus Shibyan Teluk Kiambang sudah terlaksana tetapi masih belum maksimal dan untuk faktor yang memepengaruhi kompetensi manajerial kepala sekolah sudah dilaksanakan akan tetapi masih belum maksimal dikarenakan masih terdapat beberapa kendala salah satunya yaitu prasana yang masih kurang memadai. Akan tetapi kepala sekolah senantiasa berusaha dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk siswa, tenaga pendidik dan kependidikan serta masyarakat agar kompetensi manajerial kepala sekolah di Madrasah Tsanawiyah Nahdhatus Shibyan dapat terlaksana dengan maksimal.
References
Abdussamad Zucri, (2021), Metode Penelitian Kualitatif, Makassar: Syakir Media Press.
Ambiya Said Muhammad, Syukri Ahmad & Us Anwar Kasful, (2021), Manajemen Kepala Madrasah, Yogyakarta: K-Media.
Ananda Rusydi, (2018), Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan,Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Anggito Albi, Setiawan Johan, (2018), Metode Kualitatif, Jawa Barat: CV. Jejak.
Aliyya Rusmiati Rusi, (2018), Penelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Jakarta Selatan: Polimedia Publising.
Budiman Muhammad, Potabuga Fitradi Yodi, dkk, (2021), Kepemimpinan Islam, Jawa Barat: Edu Publisher.
Djafri Noviyanti, (2016), Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Yogyakarta: Penerbit Deepublish (Grup Penerbit CV Budi Utama).
Elfrianto, Narsum, dkk, (2023), Buku Ajar Manajemen Pendidikan, Medan: Umsu Press.
Hardani, Auliya Hikmatul Nur, Andriani Elmina, dkk, (2020), Metode Penelitian Kantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta:Pustaka Ilmu.
Hartanto Setyo, Agustina Yusnaini, Pudianto Edy, (2015), Manajerial Kepala Sekolah/Madrasah, Jawa Tengah: LPPKS.
Hasanah Uswatun, (2018), Kepemimpinan Tranformational Dalam Manajemen Pendidikan Islam, Surabaya: CV. Jakad Publishing.
Irjus Indrawan, (2015), Manajemen Sarana dan Prasarana, Yogyakarta: Deepublish.
Kopri, (2017), Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah, Jakarta: Kencana.
Murdianto Eko, (2020), Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN “Veteran” Press.
Nufian, Weda Wayan, (2018), Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu, Malang: UB Press.
Oktariana Nina, Satria Rachmat, dkk, (2021), Manajemen Pendidikan & Evaluasi Pembelajaran, Surabaya: CV. Jakad.
Pemerintah Republik Indonesia, Standar Pendidikan Nasional 2013 Nomor 321.
Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
Peraturan Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Peraturan UUPSN Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Rahmi Sri, (2018), Kepala Sekolah dan Guru Profesional, Banda Aceh: Naskah Aceh (NASA) & Pascasarjana UIN Ar-Raniry.
Rusdiana. A, Haryati Yeti, (2015), Pendidikan Profesi Keguruan Bandung: Pustaka Setia.
Rusyan Tabrani. A. H, (2013), Profesionalisme Kepala Sekolah, Jakarta: Pustaka Dinamika.
Samsilayurni, (2022), Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin dan Manajer Sekolah, Jurnal of Innovation in Texhing an Intructional Media, Vol. 2, No. 2.
Sari Novita Maya, Kurniawan Andri, dkk, (2022), Manajemen Pendidikan, Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Setiawati Nani, (2023), Buku Ajar Etika Profesi Teknologi Pendidikan, Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung.
Soelistya Djoko, (2022), Kepemimpinan Strategi, Sidoarjo: Nizamila Learning Center.
Sudrajat Usep, Suwaji, 2018, Buku Ajar Ekonomi Manajerial, Yogyakarta: Group Penerbit CV Budi Utama.
Sugiyono, (2015), Metopel Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D), Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2017), Metopel Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: Alfabeta
Sukmadi, (2017), Dasar-dasar Manajemen, Bandung: Humaniora Press
Sutiara Aditia, Ningsih Widia Ines, dkk, (2021), Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningakan Mutu Pendidikan Di SD Negeri 4 Margadadi, Jurnal Pendidikan, Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5. 0.
Wati Ainuna Amalia Viika, (2021), Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di SMP Negeri Tingkat Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan, Tesis, Jakarta: Universitas Hidayatullah Jakarta.
Yohamintin, (2023), Buku Ajar Etika Profesi Guru, Bandung: Indonesia Emas Group.
Yusutria, Hopid Abdul, dkk, 2022, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Mutu Pendidikan, D.I Yogyakarta: Jivaloka Mahacipta.