Penerapan Program Pendidikan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Siswa SDI Batunapara
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2929Keywords:
pPendidikan kewirausahaan, kreativitas, kemandirian, Proyek P5Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Dengan menerapkan Program pendidikan kewirausahaan, diharapkan dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas 6 SDI Batunapara Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. 2) Dengan menerapkan Program pendidikan kewirausahaan, diharapkan dapat meningkatkan kemandirian siswa kelas 6 SDI Batunapara Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa .Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan selama dua siklus pada Januari hingga Maret 2024. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas VI dengan latar belakang sosial ekonomi yang beragam. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, kuesioner, dan dokumentasi, dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif yang didukung triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat peningkatan signifikan dalam aspek kreativitas, dari 60% siswa yang berada pada kategori Kreatif hingga Sangat Kreatif di Siklus I menjadi 93,33% pada Siklus II. 2) Terdapat peningkatan pada aspek kemandirian yang terjadi peningkatan dari hanya 33,33% siswa yang berada pada kategori Mandiri di Siklus I menjadi 93,33% di Siklus II. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi kegiatan kewirausahaan dalam proyek P5 dapat menjadi strategi efektif untuk mengembangkan karakter kreatif dan mandiri siswa sejak usia sekolah dasar.
References
Andriadi, D., & Idrus, A. (2024). Entrepreneurship Education in a School. LADU: Journal of Languages and Education. https://doi.org/10.56724/ladu.v4i3.277
Arvita, T., Zahara, D. P., Hia, A. F. A., Pateka, P. A., & Sholeh, M. (2024). Strategi Menumbuhkan Kreativitas dan Keterampilan Kewirausahaan Anak melalui Kegiatan Bermain di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.58578/ajecee.v2i3.2952
Aryanto, S., & Syaodih, E. (2017). Development of Ecopreneurship in Primary School. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education, III(9), 597–602. https://doi.org/10.18768/ijaedu.370428
Aseanty, D., Khomsiyah, Warsindah, L., & Dizar, S. (2023). Creative and Innovative Entrepreneurial Spirit for Students of the Bina Amanah Cordova Entrepreneurship School. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(2), 197–206. https://doi.org/10.55927/jpmb.v2i2.3236
Baharudin, R. A., Yahya, M., & Elpisah, E. (2024). Efektifitas Pendidikan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Mahasiswa STIE Pembangunan Indonesia Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 25–39.
Elpisah, E., & Hasan, M. (2019). Perbandingan Kompetensi Wirausaha Mahasiswa Melalui Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Budaya Lokal Dengan Yang Tidak Berbasis Budaya Lokal. Lentera Pendidikan, 22(1), 110–125. http://103.55.216.56/index.php/lentera_pendidikan/article/view/7355
Erwantiningsih, E., Wahyuni, H., & Immadudin, W. (2021). Developing Entrepreneurial Interest and Student Independence through Project-Based Entrepreneurship Learning. 10(2), 127–145. https://doi.org/10.21070/PEDAGOGIA.V10I2.1255
Machali, I., Wibowo, A., Murfi, A., & Narmaditya, B. S. (2021). From teachers to students creativity the Mediating Role of Entrepreneurial Education. Cogent Education, 8(1), 1943151. https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1943151
Megawati, M., Sawita, N., Wahyudi, L., & Firman, F. (2024). Entrepreneurship education: training entrepreneurship through the pancasila (p5) student profile strengthening project for primary school students. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 136–142. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2032
MY, N., Nurlina, N., & Ma’ruf, M. (2023). Analysis of Critical Thinking Skills of Elementary School Students Through Integrated Problem-Based Learning Model with Mind Mapping. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1373–1380. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.445
Nurchayati, S. N. (2022). Mewujudkan peserta didik terampil dan mandiri melalui kewirausahaan di sekolah satu atap. Secondary, 2(4), 439–453. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i4.1653
Rina, L., Murtini, W., & Indriayu, M. (2019). Entrepreneurship Education: Is It Important for Middle School Students? 14(1), 47–59. https://doi.org/10.15294/DP.V14I1.15126
Riyanti, Y., & Dewi, R. M. (2024). The Influence of Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Motivation, And Income Expectations on Entrepreneurial Interest. Journal of Management Entrepreneurship and Tourism, 2(2), 276–283. https://doi.org/10.61277/jmet.v2i2.144
Sriwahyuni, E., Rahmadoni, J., Istikomah, I., Onia, S. I., Mustamin, A. A. Bin, Khatimah, H., & Asvio, N. (2023). Implementation of the Entrepreneurship Program in Preparing Students Become Entrepreneurs. Journal of Social Work and Science Education. https://doi.org/10.52690/jswse.v4i1.339
Sufyan, S., Jamali, J., & Juanda, A. (2024). Entrepreneurship Education and Independence of Students of Ulfiyah Progressive Islamic Boarding School, Segeran Kidul Juntinyuat Indramayu, Indonesia. International Journal of Social Science and Human Research, 07(10). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i10-31
Wahyuni, A., & Muhammadi. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas IV SDN 10 Bandar Buat. Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 12, 167–179. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.603