Pengembangan Materi Fikih Kelas Ix Madrasah Tsanawiyah: Tentang: Al-Intifa’ Fil ‘Aqdi (‘Ariyah (Pinjam Meminjam) Dan Wadi’ah (Titipan)
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.2985Keywords:
Pengembangan Materi, fikih muamalah, ariyah, wadi'ah, Madrasah TsanawiyahAbstract
Pembelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya pada kelas IX, sering kali bersifat teoritis dan kurang aplikatif. Salah satu materi penting adalah al-intifa’ fil ‘aqdi, yang mencakup ‘ariyah (pinjam-meminjam) dan wadi’ah (titipan), dua akad yang sangat relevan dengan kehidupan sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi ajar fikih pada tema ‘ariyah dan wadi’ah agar lebih mendalam, kontekstual, dan mudah dipahami oleh peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R\&D) dengan mengadaptasi model Borg & Gall, meskipun hanya diterapkan pada tiga tahap awal: studi pendahuluan, perencanaan, dan pengembangan produk. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa materi yang telah dimodifikasi lebih lengkap, disertai contoh konkret, dalil syar’i, ilustrasi visual, serta evaluasi yang menyentuh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Materi juga disesuaikan dengan karakteristik remaja awal sehingga lebih komunikatif dan aplikatif. Implikasi dari penelitian ini adalah tersedianya bahan ajar fikih yang mampu meningkatkan pemahaman, sikap, dan tanggung jawab peserta didik dalam menjalankan prinsip-prinsip muamalah Islam secara nyata. Selain itu, guru memperoleh dukungan materi yang transformatif dan integratif untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif dan bermakna.
References
Al Khusaini, M. A., Hafiz, M. Z., Nurbaiti, S., & Purwanto, M. A. (2024). Ariyah and Rahn (A Study of the Dynamics of Human Relations). Al-Fadilah: Islamic Economics Journal, 2(2), 80–93.
Alamsyah, J. (2020). Urgensi Konsep Al-‘Ariyah, Al-Qardh, dan Al-Hibah di Indonesia. Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi, 4(2), 166–181.
Anwar, S. (2017). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter bangsa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 157–170.
Arif, S., & Munawarah, D. (2023). Konsekuensi Akad Al-Ariyah dalam Fiqh Muamalah Maliyah Perspektif Ulama Madzahib Al-Arba’ah. Jurnal Ekonomi Syariah, 6, 23–36.
Fuaidi, I. (2015). Implementasi Fikih Muamalah dalam Pengembangan Media Dakwah di Era Modern. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 35–52. https://journal.ipmafa.ac.id/index.php/islamicreview/article/view/94
Hakim, L. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mata Palajaran Pendidikan Agama Islam Berbentuk Modul Dengan Model Borg Dan Gall Terhadap Siswa Kelas Xi Semester Ganjil Di SMA Negeri 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2015/2016. Nusantara Journal of Islamic Studies, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.54471/njis.2020.1.1.51-65
Handoko, R., & Tanjung, D. (2023). Tinjauan Hukum Positif dan Hukum Islam Meminjam Barang pada Wilayah Publik Tanpa Akad Sharih. Alauddin Law Development Journal, 5(1), 126–134. https://doi.org/10.24252/aldev.v5i1.35024
Jamaluddin. (2018). Konsekuensi Akad Al-Ariyah Dalam Fiqh Muamalah Maliyah Perspektif Ulama Madzahib Al-Arba’Ah. Qawãnïn Journal of Economic Syaria Law, 2(2), 1–15. https://doi.org/10.30762/q.v2i2.1038
Khoir, Q. (2018). Pengembangan Buku Ajar Fiqih dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2(2), 143–160.
Mahlianurrahman, & Lasmawan, I. W. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBSASIS KURIKULUM 2013. Attadib Journal Of Elementary Education, 4(1), 1–13.
Maulan, R., & Indonesia, T. (2016). Konsep Muamalah dalam Islam. Presentasi Pada Seminar Sekretariat Dewan Pengawas Syariah Takaful Indonesia.
Muzakki, M. N. (2018). MAHJUR ’ALAIH DAN KLASIFIKASINYA. KUMPULAN MAKALAH DAN JURNAL HUKUM EKONOMI SYARIAH SEKOLAH TINGGGI ILMU SYARI’AH NAHDLATUL ULAMA (STISNU) NUSANTARA TANGERANG. https://kumpulanmakalah-hes-stisnu.blogspot.com/2018/11/mahjur-alaih-dan-klasifikasinya-oleh.html
Natsir, M. (2017). Pengembangan Pembelajaran Fikih Kelas X Madrasah Aliyah Dalam Model Dick & Carey. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(1), 44. https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.1.44-67
Nikmah, C., Amalia Khoir, F., & Noviandani, H. O. (2022). Konsep Wadiah Menurut Fikih dan KHES. Al-Tsaman : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.62097/al-tsaman.v4i1.872
Qutni, D., & Barni, M. (2024). Pendalaman Dan Pengembangan Materi Pai Bidang Akidah Akhlak Di Mts (Kelas Viii). Jurnal Pendidikan Kreativitas Pembelajaran, 06(3), 503–517. https://journalpedia.com/1/index.php/jpkp/article/view/2457%0Ahttps://journalpedia.com/1/index.php/jpkp/article/download/2457/2471
Shuib, M. S., Bakar, A. A., Osman, A. F., Hashim, H., & Fadzil, A. Bin. (2016). Implementation of Al-Wadiah (saving instrument) Contract In Contemporary Gold Transaction. Journal of Business, 1(4), 35. https://doi.org/10.18533/job.v1i4.48
Sudiarti, S. (2018). FIQH MUAMALAH KONTEMPORER. FEBI UIN-SU Press.
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Bandung: Alfabeta, 288.
Trianita, A., Maulana, A. R., & Tsaniatus, M. (2024). Analisis Karakteristik Materi Fikih di Berbagai Jenjang Pendidikan Pada Kurikulum Merdeka.
Ubaidillah, U. (2020). BUKU FIKIH MADRASAH TSANAWIYAH. Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, KementrerianAgama RI.
Widayatsari, A. (2013). Akad Wadiah dan Mudharabah dalam Penghimpunan Dana Pihak Ketiga Bank Syariah. Economic: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, Vol. 4, No. 1 2014, 3(1), 1–21.
Widodo, H. (2021). Evaluasi pendidikan. Uad Press.
Wijaya, R. H. (2021). Tinjauan Fikih dan Praktik Akad Al-Wadiah Pada Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(2), 302–310. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i2.816

