Pengaruh Media Permainan Kagacu Gacu Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2924Keywords:
Kagacu gacu, Literasi, Permainan TradisionalAbstract
Kagacu gacu adalah salah satu permainan tradisional kepulauan Buton yang banyak digemari oleh anak usia SD. Permainan ini dapat dilakukan perorang bahkan perkelompok dengan berbentuk seperti rumah dengan anak tangganya. Pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal bertujuan untuk dapat mentransformasi nilai-nilai budaya untuk membangun karakter bangsa. Sehingga pembelajaran melalui permainan tradisional dapat menarik minat siswa terhadap matematika sekaligus melestarikan kebudayaan Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media permainan Kagacu Gacu terhadap kemampuan literasi matematika siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji paired sample test didapatkan Sig. (2-tailed) 0.000 lebih kecil 0.05 artinya ada perbedaan bermakna atau signifikan artinya penggunaan media permainan tradisional Kagacu gacu dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Rata-rata hasil pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 18,85 setelah diberikan treatment menggunakan media permainan tradisional Kagacu gacu.
References
Afdal, & Atfal, M. F. (2022). Penerapan Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di SD Negeri 024 Samarinda Utara Tahun 2022. Jurnal Pendas Mahakam, 7(2), 183–191.
Auliya, N. M., Suyitno, A., & Asikin, M. (2020). Potensi Mobile learning Berbasis Etnomatematika untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis pada Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1), 621–626. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/590/508
Cheung, S. Y., & Ng, K. Y. (2021). Application of the Educational Game to Enhance Student Learning. Frontiers in Education, 6(March), 1–10. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.623793
Fatimah, S., Idawati, Astuti, M., Mahmudah, I., & Baiti, M. (2021). Effect Of Cogklak Game Method To Student’s Mathematics Learning Outcome At State Elementary School. Jurnal Ilmiah PGMI, 7(2), 399–405.
Febrianti, R., Prafianti, R. A., Albab, M. U., & Ariska, M. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Matematika Digital Berbasis Kearifan Lokal Permainan Dakon Untuk Meningkatkan Penalaran Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(November), 487–497.
Hanafia, A., Wiryanto, Ekawati, R., & Hendratno. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Education and Development, 9(4), 354–361.
Harpizon, N. A., & Habibi, M. (2024). Desain Didaktis Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat Berbasis Permainan Tradisional Bola Bekel Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 2548–6950.
Kalyani, L. kumar. (2024). The Role of Technology in Education: Enhancing Learning Outcomes and 21st Century Skills. International Journal of Scientific Research in Modern Science and Technology, 3(4), 05–10.
Krisnawati, Sukmawati, & Husniati, A. (2022). Kasede-sede Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SD. Sang Pencerah, 8(3), 465–475.
Kurniawan, A. W. (2019). Olahraga dan Permainan Tradisional.
Kuryanto, M. S., Andriyani, A. C., & Ulya, H. (2023). Permainan Tradisional Pasaran dalam Meningkatkan Kemampuan Numerik Peserta didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4561–4565.
Martinez, C. (2022). Developing 21st century teaching skills: A case study of teaching and learning through project-based curriculu
Maulida, S. H. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional Engklek. LEMMA : Letters of Mathematics Education, 7(01), 35–44.
Nurbianti, N., Fahinu, & Kadir. (2019). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Geometri dalam Permainan Tradisional Anak Masyarakat Poogalampa Buton Selatan. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(2), 191–196.
Nuringtyas, T., & Setyaningsih, N. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berbasis Soal HOTS Ditinjau dari Kemampuan Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1211–1224.
Octaviani, N., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Permainan Gobak Sodor Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1).
Pauziah, S. H., Mutaqin, E. J., & Muslihah, N. N. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Keterampilan Membilang Di Kelas 1 Sekolah Dasar. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 124–133.
Permatasari, P., Nuraeniyah, A. N., Bungsu, D., Selfiantika, L., & Sartika, N. S. (2023). Improving Mathematical Literacy Based on Ethnomathematical Approach in Congklak Game. Jurnal Analisa, 9(2), 110–121.
Prasetyo, E., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (MTK) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 1(2), 111–119.
Prastowo, A. (2018). Permainan tradisional jawa sebagai strategi pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk menumbuhkan keterampilan global di MI/SD. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(1), 1–28.
Pratiwi, J. W., & Heni, P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12.
Rahmasari, F., Sutriyani, W., & Muhaimin, M. (2023). Efektivitas permainan tradisional congklak terhadap hasil belajar matematika SD. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 508–518.
Rashov, O. (2024). Modern Methods of Teaching Foreign Languages in Vocational Colleges. Bridging Disciplines: Historical Perspectives, Educational Practices, And Social Change, 158–164.
Renasip, Taufik, M., & Rahayu, F. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Permainan Bola Bekel. Jurnal Rinjani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 136–144.
Romadoni, A. N. (2017). Aspek-Aspek Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Banjar dan Penggunaan Aspek- Aspek Tersebut untuk Pengembangan Paket Pembelajaran Matematika. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.
Siregar, E. B., Karo, N. H., Samosir, D., & Rajagukguk, W. (2024). Kualitas Pendidikan Matematika di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 34–50.
Siswandari, H., Setyani, Y. L., Nurdianti, D., Asikin, M., & Ardiansyah, A. S. (2021). Telaah model problem based learning bernuansa STEM terhadap kemampuan literasi matematika menuju PISA 2022. Jurnal SANTIKA 2021, 586–661.
Tampubolon, K., & Sibuea, N. (2023). the Influence of Supervisory Work Motivation and Competence on the Performance of School Superintendents in Padangsidimpuan City Education Office. International Journal of Educational Review, 21, 1–13. f
Wardani, D. K., Kuryanto, M. S., & Riswari, L. A. (2024). Minat Belajar Matematika Dalam Permainan Tradisional Engklek. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(2), 422–432.
Zainudin, I., Hasanah, E. U., & Jamaludin, U. (2022). Penerapan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9024–9030.