IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TADZKIRAH PADA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NURUL JIHAD KECAMATAN TEMBILAHAN HULU

Authors

  • Hasnawati Hasnawati STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Hasnawati Hasnawati STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.32520/judek.v8i1.1110

Keywords:

Implementasi, Model Pembelajaran Tadzkirah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi model pembelajaran tadzkirah pada pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Nurul Jihad Kecamatan Tembilahan Hulu dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dalam penelitian pengumpulan data digunakan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dikumpulkan dengan bentuk angka dan dipersentasikan, sedangkan data yang bersifat kualitatif dinyatakan dalam bentuk kata-kata yang dapat disimpulkan. Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan dengan persentasi 67,70% dengan kategori Baik, hal ini dipengaruhi beberapa faktor diantaranya adalah sebagai berikut: Guru Mengidentifikasi prilaku yang menjadi sasaran, Guru merumusan secara khusus prilaku akhir, Guru Mengembangkan rencana mengulur, Guru mencatat prilaku, Guru Menemukan titik dimana terlihat adanya perusakan prilaku atas dasar yang diperoleh, Guru Memberikan konsekuensi yang diinginkan dari posisi yang dipilih, Guru Menjernihkan konflik prilaku dengan menggunakan proses prumpamaan, Guru Menetapkan prioritas dengan cara membendingkan prilaku yang satu dengan yang lain, Guru meminta kepada Para pelajar menyatakan prioritas tersebut dalam prilaku keseharian, Guru meminta kepada Para pelajar menyatakan prilaku yang telah dilaksanakan, Guru memberiakan rasional tentang prilaku yang telah dilaksanakan, Guru menjernihkan konflik-konflik nilai dari prilaku yang telah dilaksanakan pelajar, Guru memperhatikan Para pelajar meluruskan prilakunya dalam situasi yang berbeda, Guru menganalisis kemajuan dan proses yang dilakukan siswa,  Guru terus menerus memberikan kesadaran, Guru menetapkan konsekueansi yang diperkirakan, Guru  menguji kesahihan fakultas dari prilaku yang ditentukan diawal kegiatan. Hasil akhir dalam penelitian ini dafat disimpulkan dengan persentasi 64,70% dengan kategori Baik.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Hasnawati, H., & Hasnawati, H. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TADZKIRAH PADA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NURUL JIHAD KECAMATAN TEMBILAHAN HULU. Edukasi, 8(1), 64–77. https://doi.org/10.32520/judek.v8i1.1110

Issue

Section

Articles