Implementasi Supervisi Pembelajaaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pengajaran Mahasiswa PPL
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2916Keywords:
: Supervisi pembelajaran, Supervisi pembelajaran, kualitas pengajaran, mahasiswa PPLAbstract
Penelitian memiliki tujuan mengeksplorasi implementasi supervisi pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran mahasiswa dalam program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu. Supervisi pembelajaran dianggap sebagai faktor penting dalam pengembangan profesional guru, termasuk mahasiswa PPL. Penelitian ini memiliki pendekatan deskriptif kualitatif untuk menilai efektivitas supervisi dalam meningkatkan keterampilan mengajar mahasiswa PPL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi yang dilakukan secara teratur memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan kinerja pengajaran mahasiswa PPL, terutama dalam hal pengelolaan kelas, teknik pengajaran, dan penilaian siswa. Dengan memberikan umpan balik konstruktif, supervisi pembelajaran memungkinkan mahasiswa PPL untuk merefleksikan dan memperbaiki strategi pengajaran mereka, yang berujung pada peningkatan kualitas pendidikan.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1992). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Allyn and Bacon.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction. Longman.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Darling-Hammond, L., & McLaughlin, M. W. (2011). Policies that support professional development in an era of reform. Phi Delta Kappan, 92(6), 81-92.
Emmer, E. T., & Sabornie, E. J. (2015). Handbook of classroom management. Routledge.
Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2018). Supervision and instructional leadership: A developmental approach. Pearson Education.
Goleman, D. (2006). Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ. Bantam Books.
Guskey, T. R. (2000). Evaluating professional development. Corwin Press.
Hallinger, P., & Murphy, J. (2012). Running on empty? Finding the time and capacity to lead learning. NASSP Bulletin, 97(1), 5-21.
Hargreaves, A. (1994). Changing teachers, changing times: Teachers' work and culture in the postmodern age. Teachers College Press.
Mezirow, J. (2000). Learning as transformation: Critical perspectives on a theory in progress. Jossey-Bass.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2007). Manajemen pendidikan: Konsep, strategi, dan implementasi. Remaja Rosdakarya.
PPL UNISI. (2020). Panduan praktik pengalaman lapangan di Universitas Islam Indragiri (UNISI).
Schon, D. (1983). The reflective practitioner: How professionals think in action. Basic Books.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
-----------. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.