MEMBANGUN PROFESIONALISME GURU DALAM ERA GLOBALISASI

Authors

  • Khairuddin Khairuddin Universitas Islam Indragiri

DOI:

https://doi.org/10.32520/judek.v8i1.1112

Keywords:

Profesionalisme Guru, Kompetensi Guru dan Era Globalisasi

Abstract

Profesi guru pada dewasa ini  sering dikategorikan sebagai  profesi yang paling mendekati  profesi penuh sebagaimana halnya dengan dokter, akuntan, pengacara, dan apoteker yang bersifat profesi, bernomor register, dan memiliki kode etik keprofesionalan sehingga guru benar-benar menjadi profesi yang membanggakan setara dengan profesi-profesi lainnya. Dari sini diharapkan dapat dijadikan tonggak kebangkitan guru untuk senantiasa terus meningkakan profesionalismenya dan sebagai upaya agar profesi guru menjadi daya tarik bagi siswa terbaik di negeri ini untuk menjadi guru. Dalam menjalankan tugasnya, guru lebih bersifat sebagai fasilitator sehingga siswa dapat berkembang menjadi dewasa yang utuh, maka dari itu model yang diutamakan adalah siswa yang aktif dan dominan. Tugas guru adalah memberi fasilitas agar siswa akhirnya belajar, mengolah bahan sehingga mengerti dan berkembang diri menjadi lebih dewasa. Guru harus lebih merangsang siswa untuk belajar, memberi dukungan, dan motivasi agar siswa mau terus belajar. Selain itu juga guru memberi tantangan kepada siswa, apa yang telah ditemukan oleh guru dipersoalkan sehingga siswa mengeluarkan segala pemikirannya untuk menjawab persoalan yang didiskusikan tersebut. Kemudian guru dan siswa mencari solusi bersama dan saling mengomunikasikan pemikiran masing-masing.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Khairuddin, K. (2020). MEMBANGUN PROFESIONALISME GURU DALAM ERA GLOBALISASI. Edukasi, 8(1), 78–89. https://doi.org/10.32520/judek.v8i1.1112

Issue

Section

Articles