Peningkatan Pemahaman Peserta Didik terhadap Materi "Hari Akhir" melalui Diskusi Kelompok Berbasis Educational-Diagnose Meeting pada Siswa Kelas VI SDN 033 Pulau Kecil
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2933Keywords:
Peningkatan, PAIBP, PTK, Kelompok Diskusi, Educational-Diagnose Meeting (EDM)Abstract
Pemahaman tentang rukun iman, termasuk iman kepada hari akhir, adalah kompetensi penting dalam pembelajaran PAIBP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan metode Diskusi Kelompok berbasis Educational-Diagnose Meeting (EDM) dalam pembelajaran materi "Ketika Bumi Berhenti Berputar (Hari Akhir)" dan menganalisis peningkatan pemahaman peserta didik setelah dilakukan tindakan. Penelitian ini didesain dengan Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan pada perserta didik kelas VI SDN 033 Pulau Kecil – Inhil – Riau. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan lembar observasi, tes evaluasi, angket, dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif data yang diperoleh dari tes evaluasi, observasi dan angket dengan menghitung nilai rata-rata dan persentase. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan juga keaktifan peserta didik selama proses belajar dan mengajar, dimana proses implementasi Kelompok Diskusi berbasis EDM ini mencakup melalui tiga tahap: (1) Diagnosa, di mana guru-peneliti dan pengamat mengidentifikasi kesulitan siswa untuk merancang pertanyaan pemantik; (2) Diskusi Kelompok, siswa berdiskusi dalam kelompok kecil dengan guru sebagai fasilitator dan pemberi umpan balik formatif; dan (3) Refleksi & Tindak Lanjut, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan guru mengatasi miskonsepsi sebelum pertemuan berikutnya. Dengan demikian, metode diskusi kelompok berbasis EDM memberikan kontribusi positif terhadap proses KBM.
References
Haris, A., & Budiyono, A. (2020). Implementasi Model Direct Interaction Dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Implementation Of Direct Interaction Model Using Discussion Method To Improve Student Learning Outcomes In Pai. Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 3(1), 1.
Indrawati. (2021). Upaya Peningkatan Pembelajaran Agama Islam tentang Kebiasaan Perilaku Terpuji melalui Metode Pemberian Tugas pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 018 Sungai Langsat Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. In Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi (Issue June 2023). https://www.sman2prg.sch.id/upload/file/71262145PTKAdiWahyudiNoor,S.Pd.pdf
Khermarinah. (2021). Tahapan PTK. In Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif (pp. 67–78). CV. Adanu Abimata.
Miftakhuddin, M., & Imron, I. (2021). Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Anak Di Sekolah Dasar. The 14th University Research Colloqium 2021, 207–215.
Mufidah, L., & Budiyanto, M. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEP BERBANTUAN LKS MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMP PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 10(1), 102–108. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Nurlena. (2022). EFEKTIVITAS METODE DISKUSI TIPE THE EDUCATIONAL- DIAGNOSIS MEETING UNTUK MENINGKATKKAN HASIL BELAJAR. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(2), 451–454.
Patmawati, P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pai Materi Bersuci Dari Hadas Kecil Melalui Metode Demonstrasi Pada Peserta Didik Kelas Iv. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 87–98. https://doi.org/10.24252/khidmah.v1i1.23611
Perdana, R., Sari, I. P., Wahyudi, A., Ariyani, Y. D., Apriani, A.-N., Rusiyono, R., & Rochaendi, E. (2021). Modul Digital Penelitian Tindakan Kelas. Cv. Media Sains Indonesia. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Rahmat, F. L. A., Suwatno, & Rasto. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament ( TGT ): Meta Analisis Improving Student S ’ Conceptual Understanding Through Teams Games Tournament ( TGT ): Meta Analysis. Manajerial, 3(5), 239–246.
Salim, Rasyid, I., & Haidir. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Perdana Publishing.
Sari, A. P. (2016). Upaya meningkatkan minat belajar melalui diskusi kelompok pada siswa kelas Viii SMP hamong putera ngaglik. E-Journal Bimbingan Dan Konseling, 392–399. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/download/4652/4319
Sumiarsih. (2014). Upaya Meninkatkan Hasil Belajara Siswa melalui Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Neglasari 02. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Syafruddin, S. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384
Utami, P. ;, Kadir, & Herlanti, Y. (2021). Meta-analisis pembelajaran kooperatif di Indonesia Meta-analysis of cooperative learning in Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(1), 106–115.