PENGGUNAAN MEDIA PERTEMUAN VIRTUAL WEBEX DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32520/judek.v9i1.1545Keywords:
Pertemuan Virtual, Media, Webex, Hasil Belajar, MotivasiAbstract
Penelitian ini melaporkan penggunaan media pertemuan virtual Webex dalam proses belajar mengajar selama masa pandemi Covid-19. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pertemuan virtual Webex efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas 9 di SMPN 5 Dumai selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Penelitian dilaksanakan di SMPN 5 Dumai pada Juli hingga Oktober 2020. Penelitian ini melibatkan satu kelas siswa kelas 9 SMPN 5 Dumai tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Data dari tes dianalisis berdasarkan rata-rata hasil tes siswa sedangkan data dari wawancara dianalisis dengan menggunakan teknik analitik untuk mengetahui apakah Webex dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil tes menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus 1 (70,78) ke siklus 2 (76,87). Peningkatan juga terlihat pada ketuntasan belajar siswa. Hal ini menunjukkan ketuntasan belajar siswa yang menunjukkan adanya peningkatan dari siklus 1 (63,5%) ke siklus 2 (75%). Dengan demikian, dalam hal ini dapat dinyatakan bahwa penggunaan media pertemuan virtual Webex dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 9 SMPN 5 Dumai saat terjadi Pandemi Covid-19. Sedangkan data dari hasil wawancara membuktikan bahwa siswa menunjukkan respon yang positif terhadap penggunaan media pertemuan virtual Webex. Mereka mengungkapkan bahwa penggunaan media pertemuan virtual Webex meningkatkan motivasi mereka dalam proses pembelajaran. Kesimpulannya, media pertemuan virtual Webex efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas 9 SMPN 5 Dumai selama masa Pandemi Covid-19.
References
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research methods in education (6th ed.). NY: Routledge
Dhull, I & Arora, S. (2019). Online Learning. 3. 32-34.
Kusnandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Mackey, A & Gass, S.M. (2005). Second language research: Methodology and design. New Jersey: Lawrence Errlbaum Associates, Inc.
Magliano, J.P., Millis, K., Ozuru, Y, & McNamara, D.S. (2007). A multidimensional framework to evaluate reading assessment tools. In McNamara, D.S. (Ed.). Reading comprehension strategies: Theories, interventions, and technologies. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis. London: Sage Publishers.
Sun, A & Chen, X. (2016). Online Education and Its Effective Practice: A Research Review. Journal of Information Technology Education: Research. 15. 157-190. 10.28945/3502
Tehudi, S and Mitchell, D. (1999). Exploring and Teaching the English Language Arts (4th Edition). Newyork: Harper & Row