PENGARUH MEDIA TELEVISI TERHADAP PRILAKU REMAJA DI DESA GEDONGAN KOTA GEDE YOGYAKARTA

Authors

  • Edi Ardian Universitas Islam Indragiri

DOI:

https://doi.org/10.32520/judek.v7i2.828

Keywords:

impact=berdampak, hedonism=kesenangan, glamor

Abstract

Nowadays, Television is one of media in modern era in the world, the positive effect of   television to increase of knowledge and discourses, as the entertainment medium to show of the messages and information to increase of self-quality and it bring social impact in society also. Whereas, the negative impact of television from the sadism, pornography and sinetron that presents about hedonism to encourage adolescent become consumptive. The parents and teachers’ role are significant to decrease the negative effect of Television and religion role also can be able to suppress of negative effect of Television. Keyword: impact, hedonism, glamor.Media televisi merupakan salah satu media modern yang ada di dunia saat ini, media tersebut sangat berdamfak positif untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan menambah wawasan, sebagai sarana hiburan dan penyampai pesan dan informasi serta peningkatan kualitas diri. Masuknya media televisi membawa dampak sosial dalam kehidupan bermasyarakat . Sedang dampak negatif adalah dampak dari tayangan-tayangan yang berbau sadisme , pornograpi, dan tayangan seperti sinetron yang menampilkan kegelamoran yang tidak sesuai dengan budaya kita yang memotivasi para remaja untuk bersifat konsumerisme. Dalam hal ini peranan orang tua dan guru serta kerja sama yang baik antara keduanya maka akan bisa menekan dampak negatif yang ditimbulkan oleh tayangan televisi dengan komunikasi yang efektif kepada mereka. Peranan agama juga memberikan pengaruh yang signifikan untuk memfilter dampak dari hal negatif dari media televisi.

Author Biography

Edi Ardian, Universitas Islam Indragiri

Pendidikan Bahasa Inggris

Downloads

Published

2019-12-21

How to Cite

Ardian, E. (2019). PENGARUH MEDIA TELEVISI TERHADAP PRILAKU REMAJA DI DESA GEDONGAN KOTA GEDE YOGYAKARTA. Edukasi, 7(2), 22–42. https://doi.org/10.32520/judek.v7i2.828

Issue

Section

Articles