Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas 5A Sekolah Dasar

Authors

  • Usrifah Romadhonah Universitas Negeri Semarang
  • Puja Wahyu Ningrum Universitas Negeri Semarang
  • Dindania Listyoningsih Universitas Negeri Semarang
  • Mentari Aulia Lintang Dinasty Universitas Negeri Semarang
  • Ega Putra Sabana Universitas Negeri Semarang
  • Moh. Farizqo Irvan Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.3013

Keywords:

Media sosial, Keterampilan menulis, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan bahasa nonbaku dalam interaksi digital melalui media sosial serta dampaknya terhadap keterampilan menulis di lingkungan sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5A SDN Kalibanteng Kidul 03 sebanyak 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 89% siswa memiliki akun media sosial, dan 83% lebih senang menulis di media sosial dibanding di buku pelajaran. Sebanyak 56% siswa mengaku pernah menyalin gaya bahasa media sosial ke dalam tugas sekolah, termasuk penggunaan singkatan, bahasa gaul, dan pengabaian kaidah penulisan seperti huruf kapital. Di sisi lain, ditemukan bahwa media sosial turut mendorong kreativitas siswa, memperluas kosakata, serta melatih penyusunan pesan digital secara efektif. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media sosial berdampak nyata pada penurunan kualitas penulisan formal siswa, meskipun memiliki nilai positif dalam aspek ekspresi dan komunikasi. Oleh karena itu, disarankan adanya penguatan literasi bahasa Indonesia baku serta pemanfaatan media sosial secara terarah dalam proses pembelajaran.

References

HARAHAP MA, ADENI S. TREN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SELAMA PANDEMI DI INDONESIA. Jurnal Professional FIS UNIVED. 2020;7(2).

2. Situmorang DY. Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Interaksi Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan [Internet]. 2023;2(2):110–9. Available from: http://ejurnal.bangunharapanbangsa.id/index.php/TP

3. Hanifiyah F, Yanuardianto E, Utami LI, Marfuah. EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WULUHAN JEMBER. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. 2023;8(1):2023.

4. Nkhi SE. An Investigation into the Impact of Digital Social Media on the Writing and Speaking Skills of Tertiary Level Students in one Institution in Lesotho. J-SHMIC : Journal of English for Academic [Internet]. 2023;10(1). Available from: https://journal.uir.ac.id/index.php/jshmic

5. Qadaria L, Rambe KB, Khairiah W, Pulungan RMI, Zahratunnisa E. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Menulis Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia. 2023 Jun 21;1(3):97–106.

6. Abbas J, Aman J, Nurunnabi M, Bano S. The impact of social media on learning behavior for sustainable education: Evidence of students from selected universities in Pakistan. Sustainability (Switzerland). 2019;11(6).

7. Umam N. Pengaruh Kebiasaan Menulis Menggunakan Kata Baku di Media Sosial Terhadap Keterampilan Menulis Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 2022 Jun 24;6(2):127–34.

8. Safitri K, Prabowo D. Kompas.com. 2025 [cited 2025 Apr 12]. Menkomdigi: 9,17 Persen Pengguna Internet Indonesia Usianya di Bawah 12 Tahun. Available from: https://nasional.kompas.com/read/2025/02/18/16050481/menkomdigi-917-persen-pengguna-internet-indonesia-usianya-di-bawah-12-tahun

9. Bazen A, Barg FK, Takeshita J. Research Techniques Made Simple: An Introduction to Qualitative Research. Vol. 141, Journal of Investigative Dermatology. Elsevier B.V.; 2021. p. 241-247.e1.

10. Sugiyono. Metode penelitian pendidikan . Ed.1. london: Penerbit Alfabeta; 2014.

11. Harahap N. BUKU METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF DR. NURSAPIA HARAHAP, M.HUM. Medan, Sumatera Utara: Wal Ashri Publishing; 2020.

12. Ardiansyah, Risnita, Jailani S. Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam [Internet]. 2023; Available from: http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan

13. Jabnabillah F, Margina N. ANALISIS KORELASI PEARSON DALAM MENENTUKAN HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Sintak. 2022 Sep;1(1).

14. Ria Prasetyaningrum. Pengaruh Media Sosial Terhadap Gaya Bahasa Dalam Penulisan Bahasa Indonesia Pada Remaja. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan. 2024 Jan;3(1):127–34.

15. Qadavie M, Repelita T, Kusuma R, Al Jaatsyah A, Mandayani P. PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PENULISAN MAHASISWA. Esensi Pendidikan Inspiratif [Internet]. 2024 Sep 3;6(3). Available from: https://journalpedia.com/1/index.php/epi/index

16. Pulungan HK, Simbolon A, Lumbantobing ME, Jannah M, Purba R, Barus ZA. FENOMENA BAHASA GAUL: TREN ATAU TANTANGAN BERBAHASA. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 2025;8.

17. Nnaji PT, Okpuzor VN, Morka E. A Comparative Study on the Use of Social Media, Reading Habits and Academic Performance of Secondary School Students. Asian Journal of Education and Social Studies. 2020 Sep 23;1–7.

18. Aragdon AA, Biagan M V, Amoroso SE, Paterno K V. Exploring the Effects of Social Media on the Study Habits of Grade 6 Pupils. International Journal of Research and Innovation in Social Science [Internet]. 2023 Jul 30;7:449–57. Available from: www.rsisinternational.org

19. Riyanti A. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITALDALAM MENULIS ARTIKEL POPULERPADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 2023;7.

20. Sabillah I, Sa’diyah A, Irmayani. Social Media “X” on Enhancing EFL Students’ Writing Skills: A Study of Positive and Negative Impacts. El-Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 2025;8.

21. Dashti F, Abdulsalam HM. The influence of social media applications on learning English as a second language. Heliyon. 2025;11(2).

22. Muhassin M. TELAAH LINGUISTIK INTERDISIPLINER DALAM MAKROLINGUISTIK. Jurnal Tadris Bahasa Inggris. 2017;1–20.

23. Utami SWB, Handayani D. Bahasa dalam Perspektif Sosiolinguistik. Airlangga University Press; 2023.

24. Sukmawan S. Bahasa Indonesia Sang Saka Budaya: Teroka Bahasa Berhulu Budaya. Media Nusa Creative (MNC Publishing); 2022.

25. Krashen SD. Principles and practice in second language acquisition. Pergamon; 1982. 202 p.

26. Suharti S, Wakhibah DK, Ningsih S, Shiddiq J, Saputra N, Kuswoyo H. Kajian Psikolinguistik. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini; 2021.

27. Yuk ACK, Yunus MM, Suliman A. Using social media in writing among Primary School pupils. Religación: Revista de Ciencias Sociales y Humanidades. 2019;250–8.

28. Dzikri MR, Aisyah S, Mahfuzah A. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [Internet]. 2024;7(2):131–45. Available from: https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i1.63.

29. Prayitno TH. PEMANFAATAN MEDIA YOU TUBE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS VI SD NEGERI TAMANAN 1. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,. 2024;9.

30. Sari DY, Oktariani L, Novira M. Upaya dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya [Internet]. 2024 Sep 3;3(3):72–80. Available from: https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jpbb/article/view/3837

Downloads

Published

2025-11-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas 5A Sekolah Dasar. (2025). EDUKASI, 13(2), 427-441. https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.3013