Menumbuhkan Kejujuran Akademik sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Abad ke-21

Authors

  • Auliya Aenul Hayati Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Aprilia Nuraeni Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.3336

Keywords:

Kejujuran akademik, pendidikan karakter, sekolah dasar, kolaborasi guru dan orang tua

Abstract

ABSTRAK

Tujuan pelaksanaan penelitiannya ialah mendeskripsikan strategi guru dan kolaborasi sekolah dan orang tua guna menumbuhkan kejujuran akademik sebagai penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar di abad ke-21. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi pelaksanaan penelitiannya ialah di SDN Cangkol 2 Kota Cirebon dengan melibatkan 20 siswa kelas V dan seorang guru wali kelas sebagai informan utama. Data diperoleh melalui angket dan wawancara mendalam. Temuan studi memperlihatkan bahwasanya mayoritas siswa telah memiliki tingkat kejujuran akademik yang tinggi, terutama dalam mengerjakan tugas secara mandiri dan menghargai hasil kerja sendiri. Namun, masih ditemukan kecenderungan menurun saat menghadapi tekanan ujian. Guru berperan penting dalam menanamkan nilai kejujuran melalui keteladanan, komunikasi terbuka, serta kerja sama dengan orang tua. Pembentukan karakter di lingkungan sekolah dan dukungan keluarga terbukti memperkuat karakter jujur siswa.

 Kata Kunci: Kejujuran akademik, pendidikan karakter, sekolah dasar, kolaborasi guru dan orang tua

 

ABSTRACT

This study aims to describe teachers’ strategies and the collaboration between schools and parents in foresting academic honesty as a reinforcement of character education among elementary school students in the 21st century. A descriptive qualitative approach was applied at SDN Cangkol 2, Cirebon City, involving 20 fifth-grade students and one homeroom teacher as key informants. Data were collected through questionnaires and in-depth interviews. The findings revealed that most students demonstrated a high level of academic honesty, particularly in completing tasks independently and appreaciating their own work. However, honesty tends to decline during exam situations. Teacher play a crucial role in cultivating honesty through exemplary behavior, open communication, and cooperation with parents. Character building within the school environment, supported by family involvement, effectively strengthens students’ honest character.

Keywords: Academic honesty, character education, elementary school, teacher and parent collaboration

References

Amalia, N. W., & Layyinah. (2025). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecurangan Akademik pada Siswa SMA dan SMK: Sebuah Scoping Review. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7. https://doi.org/10.31004/edukatif.v7i4.8252

Ananda, A. E. (2024). INTERNALISASI NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS 11 DI SMAN 1 NGRAMBE TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Penelitian Mahasiswa.

Astari, S. Y., Putra, A. Y., & Rahman, A. (2024). Model of Internalization of Honest Character Education and Student’s Discipline in Improving the Quality of Elementary Schools. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 9(2), 1198–1210.

Aziz, M. R., Gumilar, G., & Solihat, A. N. (2025). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ACADEMIC FRAUD DENGAN PENDEKATAN PENTAGON FRAUD THEORY. JSSR: Jurnal Sains Student Research.

Cahya, R. D., Suzana, Febri, R., Arfika, L., & Oktavia, R. (2023). Improving Student Character Through Scout Extracurriculars With A Lesson Study Model. Jurnal Edukasi, 2, 2023. https://ejournal-fkip.unisi.ac.id/judek

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Ferková, Š., & Zacharová, Z. (2024). Academic Dishonesty from the Perspective of Primary School Teachers. Acta Educationis Generalis, 14(3), 93–102. https://doi.org/10.2478/atd-2024-0021

Fransiska, I. S., & Utami, H. (2019). Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa: Perspektif Fraud Diamond Theory. Jurnal Akuntansi Aktual, 6(2), 65145.

Hafizha, R. (2021). PENTINGNYA INTEGRITAS AKADEMIK. JECO Journal of Education and Counseling Journal of Education and Counseling, 1(2), 115–124.

Hariandi, A., Puspita, V., Apriliani, A., Ernawati, P., & Nuhasanah, S. (2020). IMPLEMENTASI NILAI KEJUJURAN AKADEMIK PESERTA DIDIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR. Nur El-Islam, 7(1).

Hasbullah, & Nurhasanah. (2024). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Melejitkan Potensi Anak. Jurnal Kajian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i1.110|56

Hasnawati. (2019). IMPLEMENTASI PERATURAN SEKOLAH TENTANG HUKUMAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I INHIL. Jurnal Edukasi.

Hasnawati, Ahmad, Susanto, B. F., Yusnita, & Hasirah. (2023). Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. Jurnal Edukasi, 2, 2023. https://ejournal-fkip.unisi.ac.id/judek

Herman, Ahmad, Putra, T. A., & Nur, Muh. I. (2022). Pendidikan dan pembentukan karakter anak sekolah dasar di SD Negeri 202 Ka’nea. Jurnal Lepa-Lepa Open.

Hestri, Z., & Lestari, A. (2025). FENOMENA KECURANGAN AKADEMIK SISWA : STUDI FENOMENOLOGIS TERHADAP BENTUK DAN FAKTOR PENYEBABNYA. JUMPER: Jurnal Manajemen Dan Pemasaran. https://ojs.unhaj.ac.id/index.php/jumper

Hidayat, M. T., Khoirurrosyid, M., Kurniawan, T. R., Hening, P. P., Ulya, G. A., & Sain, Z. H. (2023). Raising Honest Citizens: A Cross-Cultural Study of Moral Education in Primary Schools. Jurnal Prima Edukasia, 11(2), 325–332. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i2.86059

Kamaruddin, I., Sujarot, Septiani, V., Handayani, E. S., Muhammadong, & Kesek, M. N. (2023). Peran Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 2021.

Kumalasari, S., & Nurcahyo, F. A. (2025). FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DI KALANGAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING: STUDI LITERTAUR. JURNAL TUNAS PENDIDIKAN, 7(2). https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/login

Lenaini, I. (2021). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL SAMPLING INFO ARTIKEL ABSTRAK. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075

Linda, F. K. R. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Messi, & Harapan, E. (2017). MENANAMKAN NILAI NILAI KEJUJURAN DI DALAM KEGIATAN MADRASAH BERASRAMA (BOARDING SCHOOL). JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 1(1).

Mufida, S. (2024). PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA), 2(6), 3031–5220. https://doi.org/10.62281

Muspawi, M. (2020). MENATA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. JURNAL LITERASIOLOGI.

Najmun, A., Rokhim, N., Abidah, W. N., Fathimah, H., Zahra, A., Zainiyah, Y. S., Kiptiyah, S. M., & Semarang, U. N. (2024). Analisis Penerapan Karakter (An Najmun, dkk.) | 381 Madani. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(5), 381–390. https://doi.org/10.5281/zenodo.11480480

Nasution, Z., Angraeni, S., Zulaiha, A., Matan, H. M., Purbowati, P., Patimah, S., & Nagara, G. (2023). Education integrity survey: A suggested measurement of integrity in education sector. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 8(2), 221–236. https://doi.org/10.32697/integritas.v8i2.954

Pradia, F. R., & Dewi, D. K. (2021). HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN ACADEMIC DISHONESTY PADA MAHASISWA. Character : Jurnal Penelitian Psikologi.

Priambodo, B., Sari, S., Priyono, N., Mare, I. C. S., Silviandini, A., & Ratnasih, P. (2024). Menumbuhkan Karakter Kejujuran Melalui Pendidikan Dan Nilai-Nilai Pancasila Yang Luhur. GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat.

Ramadhani, O., Marsanda, A., Damayanti, P. D., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2025a). Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar untuk Membangun Generasi Berkualitas. MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(1), 151–160. https://doi.org/10.60126/maras.v3i1.659

Ramadhani, O., Marsanda, A., Damayanti, P. D., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2025b). Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar untuk Membangun Generasi Berkualitas. MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(1), 151–160. https://doi.org/10.60126/maras.v3i1.659

Reffiane, F., Saputra, H. J., & Hidayat, T. (2016). IDENTIFIKASI TINGKAT KEJUJURAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI GEROBAK KEJUJURAN DI KOTA SEMARANG. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1323

Rokhim, A. N. N., Abidah, W. N., Zahra, H. F. A., Zainiyah, Y. S., & Kiptiyah, S. M. (2024). Analisis Penerapan Karakter Jujur Perspektif Thomas Lickona Melalui Program PIN Kejujuran Siswa SDN Purwoyoso 03. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 381–390. https://doi.org/10.5281/zenodo.11480480

Rusdiansyah, A. (2020). Implementation of Honesty Character Education at Primary School. Tekno-Pedagogi : Jurnal Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.22437/teknopedagogi/v10i2.32745

Saadah, S., Aldi, U., Taupik Kurahman, O., & Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2025). Internalisasi nilai Sifat Ash-Shiddiq melalui Teaching With Love untuk Penguatan Karakter Siswa. In Didaktika: Jurnal Kependidikan (Vol. 14, Issue 1). https://jurnaldidaktika.org

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Sakti, B. P. (2017). INDIKATOR PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Magistra. www.youtube.com/watch?v=BabV7fjfJyI

Sari, N. E., & Lina. (2023). Peran Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Parenting (Studi Kasus di TK Ancano Desa Kungkai Bangko). Jurnal Pendidikan Tambusai.

Septiwiharti, D., Hemafitria, H., Wahab, W., & Putra, P. (2024). Character-Based Thematic Learning: Integrating the Values of Honesty and Responsibility in Elementary Schools. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 16(2), 1007–1016. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v16i2.5575

Silitonga, L. F. M. M., Isrok’atun, & Syahid, A. A. (2025). Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 2, 2025. https://ejournal-fkip.unisi.ac.id/judek

Sundari, F. (2017). PERAN GURU SEBAGAI PEMBELAJAR DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK USIA SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar.”

Susanti, M., Rahmah, H., & Hikmaturuwaida, H. (2023). Peran Orang Tua dan Guru terhadap Perkembangan Emosional Anak di Madrasah Ibtidaiyyah. Jurnal Basicedu, 7(1), 562–571. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4602

Ulfadhilah, K., Dwi Nurkhafifah, S., & Saripudin, P. (2025). Peran Guru dan Pentingnya Menerapkan Karakter Jujur dan Disiplin di Sekolah. Khulasah Islamic Studies Journal | E-ISSN, 07(1), 89–97. https://doi.org/10.55656/ksij.v7i1.264

Umamah, Z., Faricha, N., Ningrum, R. K., & Albaar, R. (2024). Kejujuran: Nilai Moral yang Tak Luput dalam Konseling. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 18. https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1165

Yasin, N. A., Utami, M. K., Putri, J. D. A., Salsabila, V. E., & Ovayana, Y. D. (2025). Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal: Implementasi Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Aktivitas Berkebun. Jurnal Edukasi, 2, 2025. https://ejournal-fkip.unisi.ac.id/judek

Zubaidah, S., Harahap, M., & Hamzah. (2022). The Relevance Of The Cheerful Concept To The Academic Honesty Of Students Of The Islamic Education Study Program Relevansi Konsep Ceria Terhadap Kejujuran Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index

Downloads

Published

2025-11-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Menumbuhkan Kejujuran Akademik sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Abad ke-21. (2025). EDUKASI, 13(2), 609-624. https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.3336