Penerapan Critical Pendagogy Dalam Mengembangkan Kesadaran Sosial Dan Politik Peserta Didik Melalui Pendidikan Ilmu Sosial
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2955Keywords:
Critical Pendagogy, Kesadaran Sosial, Politik, Pendidikan Ilmu SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kesadaran kritis dan pemahaman politik siswa melalui penerapan pedagogi kritis dalam pendidikan ilmu pengetahuan sosial. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, penilaian, dan dokumentasi di SMAN 7 Surakarta. Penelitian ini berfokus pada evaluasi kemampuan siswa dalam mengidentifikasi ketidakadilan sosial, menganalisis struktur kekuasaan, dan terlibat dalam isu-isu politik baik secara lokal maupun global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan tingkat pemikiran kritis yang baik dalam mengenali ketidakadilan sosial dan memahami pengaruh keputusan politik terhadap kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa menunjukkan komitmen aktif terhadap perubahan sosial dan politik dengan mengekspresikan pendapat mereka secara etis dan mencari solusi untuk masalah sosial. Temuan ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan pedagogi kritis ke dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial secara efektif menumbuhkan siswa yang sadar secara sosial dan politik, sejalan dengan tujuan pendidikan kewarganegaraan untuk menciptakan anggota masyarakat yang reflektif, bertanggung jawab, dan aktif.
References
Dewey, Jhon. 2003. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Elu, Irmina .2021. Pedagogi Kritis sebagai Pendidikan yang Membebaskan Menurut Paulo Freirre. Masters thesis. Driyarkara School of Philosophy.
Fathurrahman, Pupuh., Suryana., & Fatriany, Fenny. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Rafika Aditama.
Febrianti, Kadek Mutia. 2024. Peran Pedagogi Kritis Untuk Membangun Kesadaran Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Pedalitra IV : Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 306-314
Giroux, Henry Armand. 2011. On Critical Pedagogy. London: The Continuum International Publishing Group.
Giroux, Henry Armand.2018. Pedagogy and the Politics of Hope: Theory, Culture, and Schooling: A Critical Reader. Hamilton: Mcmaster University Press.
Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Utami, Ichwani Siti., & Alfian, Adam. 2017. Konsep Critical Pedagogy Henry A. Giroux. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 145-154