Penerapan Critical Pendagogy Dalam Mengembangkan Kesadaran Sosial Dan Politik Peserta Didik Melalui Pendidikan Ilmu Sosial

Authors

  • M Khoiri Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Aqshal Arlian Raya Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Abdul Rahmad Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Syahputra Perdana Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Ashari Efendi Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Zaid Bin Ahmad STKIP YDB Lubuk Alung

DOI:

https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2955

Keywords:

Critical Pendagogy, Kesadaran Sosial, Politik, Pendidikan Ilmu Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kesadaran kritis dan pemahaman politik siswa melalui penerapan pedagogi kritis dalam pendidikan ilmu pengetahuan sosial. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, penilaian, dan dokumentasi di SMAN 7 Surakarta. Penelitian ini berfokus pada evaluasi kemampuan siswa dalam mengidentifikasi ketidakadilan sosial, menganalisis struktur kekuasaan, dan terlibat dalam isu-isu politik baik secara lokal maupun global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan tingkat pemikiran kritis yang baik dalam mengenali ketidakadilan sosial dan memahami pengaruh keputusan politik terhadap kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa menunjukkan komitmen aktif terhadap perubahan sosial dan politik dengan mengekspresikan pendapat mereka secara etis dan mencari solusi untuk masalah sosial. Temuan ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan pedagogi kritis ke dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial secara efektif menumbuhkan siswa yang sadar secara sosial dan politik, sejalan dengan tujuan pendidikan kewarganegaraan untuk menciptakan anggota masyarakat yang reflektif, bertanggung jawab, dan aktif.

Author Biographies

M Khoiri, Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

Aqshal Arlian Raya, Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

Abdul Rahmad, Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

Syahputra Perdana, Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

Ashari Efendi, Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

References

Dewey, Jhon. 2003. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Elu, Irmina .2021. Pedagogi Kritis sebagai Pendidikan yang Membebaskan Menurut Paulo Freirre. Masters thesis. Driyarkara School of Philosophy.

Fathurrahman, Pupuh., Suryana., & Fatriany, Fenny. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Rafika Aditama.

Febrianti, Kadek Mutia. 2024. Peran Pedagogi Kritis Untuk Membangun Kesadaran Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Pedalitra IV : Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 306-314

Giroux, Henry Armand. 2011. On Critical Pedagogy. London: The Continuum International Publishing Group.

Giroux, Henry Armand.2018. Pedagogy and the Politics of Hope: Theory, Culture, and Schooling: A Critical Reader. Hamilton: Mcmaster University Press.

Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Utami, Ichwani Siti., & Alfian, Adam. 2017. Konsep Critical Pedagogy Henry A. Giroux. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 145-154

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Khoiri, M., Aqshal Arlian Raya, Abdul Rahmad, Syahputra Perdana, Ashari Efendi, & Bin Ahmad, Z. (2025). Penerapan Critical Pendagogy Dalam Mengembangkan Kesadaran Sosial Dan Politik Peserta Didik Melalui Pendidikan Ilmu Sosial. EDUKASI, 13(1), 226–239. https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2955

Issue

Section

Articles