Linguistics Dan Pendidikan Bahasa Inggris Ditinjau Dari Filsafat Hermeneutika

Authors

  • syafrizal syafrizal Universitas islam indragiri

DOI:

https://doi.org/10.61672/judek.v12i2.2869

Keywords:

linguistics, Bahasa Inggris, Hermeneutika

Abstract

Hermeneutika yang merupakan bagian dari ilmu filsafat sangat erat kaitannya dengan ilmu kebahasaan secara umum dan bahasa Inggris secara khusus. Untuk itu fokus kajian study ini adalah bagaimanakah penerapan Hermeneutik dalam ilmu Linguistik dan Pendidikan bahasa Inggris yang berkaitan dengan interpretasi kebahasaan lisan maupun tulisan. Tujuan penelitian ini, adalah mengkaji kaitan ilmu Hermeneutik dengan ilmu Linguistik dan Pendidikan bahasa inggris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkonstribusi dalam dunia pendidikan khususnya pembelajaran yang berkaitan dengan ilmu Pendidikan bahasa inggris. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Hermeneutik yang merupakan bagian dari Ilmu Filsafat hadir melengkapi kajian ilmu linguistic dan Pendidikan bahasa inggris yang berkaitan dengan interpretasi sebuah makna kata. Semua bentuk interpretasi mencakup sebuah pemahaman. Untuk membuat sebuah interpretasi, hal yang mendasar yang harus dimiliki adalah kita harus memahami kata itu sendiri sebelum digunakan. Pada hakikatnya, apabila kita sudah memahami kata, sebenarnya kita sudah melakukan proses interpretasi. Dalam Ilmu Hermeneutik, proses mengerti dan interpretasi merupakan lingkaran Hermeneutika.

References

Ardiel, V., Zaim, M., Thaha, H. E., & Arpen, R. S. (2023). Filsafat sebagai Landasan Berpikir untuk Pengimplikasian Unsur Linguistik dalam Tatabahasa Pedagogis sebagai Kebutuhan Pengajaran EFL. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 11-22.

Fuady, M. N. (2015). Hermeneutika Dalam Filsafat Pendidikan Islam. Tarbiyah Islamiyah, 5, 20–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1823

Lyons, John. 1987. Introduction to Theoretical Linguistics. Cambridge: Cambridge University Press

Meruntu, O. S. (2020). Hubungan Motivasi Belajar, Bimbingan Akademik dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado. Jurnal Bahtra, 1(1). https://doi.org/10.36412/jb.v1i1.218

Mubarok, A. A., Aminah, S., Sukamto, S., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1). https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.324

Nasution, D. S., & Zaim, M. (2023). Mau’izhah: Jurnal Kajian Keislaman Filsafat Bahasa dan Pembelajaran Bahasa. Jurnal Kajian Keislaman, 13(2), 209–220. https://doi.org/10.55849/jiem.v1i1.1

Nurhayati, N. H. (2021). Filsafat Ilmu Peranan Filsafat Ilmu Untuk Kemajuan Perkembangan Ilmu Pengetahuan. TASAMUH: Jurnal Studi Islam, 13(2). https://doi.org/10.47945/tasamuh.v1 3i2.409.

Odlin, T. (1989). Language transfer: Cross-linguistic influence in language learning. Cambridge. Cambridge University Press.

Palmer. Richard E. 1969. Hermeneutics. Evanston, Northwestern Uni. Press.

Sumaryono,H. 1993. Hermeneutik. Yogyakarta: Kasinius

Sumaryono.,E. 1999. Hermeneutik, Sebuah Metode Filsafat. Yogyakarta: Penerbit IKAPI Cet.5

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

syafrizal, syafrizal. (2024). Linguistics Dan Pendidikan Bahasa Inggris Ditinjau Dari Filsafat Hermeneutika. Edukasi, 12(2), 101–111. https://doi.org/10.61672/judek.v12i2.2869

Issue

Section

Articles