Pengaruh Metode Reading to Learn (R2L) terhadap Pembuatan Rangkuman dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.3304Keywords:
Reading to Learn, Rangkuman, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini menguji apakah Reading to Learn memengaruhi rangkuman siswa dan hasil belajar tentang materi ikatan kimia. Kelas XI-1 adalah kelas kontrol dan kelas XI-3 adalah kelas eksperimen dengan menggunakan random sampling. Populasi penelitian ini mencakup semua siswa kelas XI MAN Tebing Tinggi. Instrumen penelitian menggunakan instrument soal yang telah divalidasi oleh validator ahli. Analisis data menggunakan uji-t independent dan uji korelasi pearson product moment. Dengan nilai sig 0,001 < 0,05, maka Ha diterima, yang artinya metode Reading to Learn memiliki pengaruh yang signifikan pada rangkuman siswa. Dengan nilai sig 0,006 < 0,05, maka Ha diterima, yang artinya metode Reading to Learn memiliki pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa. Uji korelasi digunakan untuk menguji apakah hasil belajar siswa dan pembuatan rangkuman memiliki hubungan. Nilai Sig. (2-tailed) menghasilkan 0,000, yang berada di bawah tingkat signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05) yang menunjukkan bahwa pembuatan rangkuman dan hasil belajar siswa memiliki hubungan yang signifikan. Berdasarkan nilai korelasi pearson > rtabel (0,609 > 0,349) menunjukkan kategori hubungan yang kuat antara pembuatan rangkuman dan hasil belajar siswa. Temuan penelitian ini menyiratkan bahwa metode ini memiliki kemampuan dalam meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.
References
AHERN, A. (2023). Learning to Plan for CLIL with the Reading to Learn Approach. An experience in Initial Teacher Training. Didacticae: Revista de Investigación En Didácticas Específicas, 14, 107–125. https://doi.org/10.1344/did.2023.14.107-125
Azwar, K., & Jahro, I. S. (2023). Pengaruh Metode Reading Ro Learn dan Rangkuman terhadap HOTS-literacy Sains Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 296–305
Binjai, S. B. (2019). The Effect of Making Summary on Students’Writing Achievement of The Students of SMA Swasta Melati Binjai. Jurnal Serunai Bahasa Inggris, 11(2)
Cahyani, N., Hutagalung, E. N. H., & Harahap, S. H. (2024). Berpikir Kritis Melalui Membaca: Pentingnya Literasi Dalam Era Digital. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 417–422. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1795
Dalman, H. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Harmer, J.(2004). How to Teach Writing. New York: Longman.
Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di Sma Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Hadi, A., & Ramadhani, S. (2024). Exploring the Implementation of Reading to Learn Strategy for Teaching Reading Comprehension to EFL Learners: A Case Study. Indonesian Journal of Integrated English Language Teaching (IJIELT), 10(1), 17. https://doi.org/10.24014/ijielt.v10i1.26263
Hibino, A., & Matruglio, E. (2024). Reading to Learn for learning to write: Japanese EFL teachers’ perceptions about Reading to Learn. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.17509/ijal.v14i1.70348
Hikam, M. I. U., Sholah, A., & Mindarta, E. K. (2021). Pengaruh Pemberian Tugas Rangkuman Pra Pembelajaran Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kompetensi Dasar Memahami Klasifikasi Engine Di Smk Negeri Rowokangkung. Jurnal Teknik Otomotif : Kajian Keilmuan Dan Pengajaran, 5(2), 41. https://doi.org/10.17977/um074v5i22021p41-48
Husein, R., Restu, R., Sembiring, M., Wulandari, S., Andary, S., & Rahman, M. A. (2022). Reading to Learn (R2L) Model to Activate Students on Reconstruction Short Story. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 5(1), 23–32. https://bircu-journal.com/index.php/birle/article/view/3698
Ismail, M. I. (2011). Pemberian Rangkuman sebagai Strategi Pembelajaran. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.62
Kartika-Ningsih, H., & Rose, D. (2021). Intermodality and Multilingual Re-Instantiation: Joint Construction in Bilingual Genre Pedagogy. Íkala, Revista de Lenguaje y Cultura, 26(1), 185–205. https://doi.org/10.17533/udea.ikala.v26n01a07
Lanen, S., & Atmazaki. (2023). The Effect of the Reading To Learn Learning Method on Short Story Text Writing Skills of Class XI Students of SMA Negeri 7 Padang Pengaruh Metode Pembelajaran Reading To Learn terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 7. Journal of Education and Humanities, 1(2), 9–15
Lestari, T., Damayanti, I. L., & Nurlaelawati, I. (2022). Reading to Learn (R2L) Pedagogy: Teaching Reading Comprehension to a Young English Language Learner. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(11), 1558–1569. https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1558-1569
Li, H., Wijeyewardene, I., & Stackhouse, S. (2025). Scaffolding Summary Writing Through the ‘Reading to Learn’Pedagogy. RELC Journal, 56(2), 305–317
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://jurnaledu.com/index.php/je
Muliani, A., Karimah, F. M., Liana, M. A., Pramudita, S. A. E., Riza, M. K., & Indramayu, A. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2), 87–92
Rose, D. (2005). Reading to learn: Accelerating learning and closing the gap. Teachers Resource Package
Setiati, Y., Priyadi, T., & Martono. (2014). Peningkatan kemampuan menulis ringkasan dengan metode cooperative script. Jurnal Untan, 4–5(11), 1–13. https://media.neliti.com/media/publications/216090-peningkatan-kemampuan-menulis-ringkasan.pdf
Sugrah, N. (2015). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138
Supriadi, Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME : Journal of Management, 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778
Tasman, F., Dewanti, A., Hutapea, D. W., Ayu, P., Sn, K., & Lubis, A. S. (2022). Pengaruh Model Peembelajaran Reading to Learn terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada materi Persamaan Kuadrat Fridgo. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1749–1759
Vonari, I., Sidauruk, S., & Asi, N. B. (2024). Analisis Kesulitan Siswa SMA Dalam Memahami Konsep Ikatan Kimia (Systematic Review). Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 15(2), 2024. https://doi.org/10.37304/jikt.v15i2.298
Wulandari, A. T., & Jahro, I. S. (2023). Pengaruh Metode Reading To Learn Dan Rangkuman Terhadap Hots-Literacy Sains Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 289–295
Yulianeta, Y. (2022). Implementing Reading to Learn (R2L) Pedagogy to Help Indonesian Junior High School Students Generate News Report Text. PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 12(1), 130–137. https://doi.org/10.14710/parole.v12i1.130-137

