Efektivitas Metode Al Miftah Lil Ulum Dan Metode Klasikal Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Kitab Kuning Santri Di Madrasah Diniyah Roudlotul Khuffadz Kabupaten Sorong

Authors

  • Ulil Albab Al Jawad Pendidikan Agama Islam
  • Surahman Amin
  • Fardan Abdillah M
  • Indria Nur
  • Bambang Sunatar

DOI:

https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2935

Keywords:

Metode Al Miftah Lil Ulum, Metode Klasikal, Minat Belajar, Hasil Belajar, Madrasah Diniyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode pembelajaran Al-Miftah Lil Ulum dan metode klasikal terhadap minat serta hasil belajar santri di Madrasah Diniyah Roudlotul Khuffadz, Kabupaten Sorong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental dengan desain pretest dan posttest. Sampel penelitian berjumlah 59 santri yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes akademik, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik parametrik, seperti paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik metode Al-Miftah Lil Ulum maupun metode klasikal berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar santri. Namun, metode Al-Miftah Lil Ulum menunjukkan pengaruh yang lebih signifikan terhadap peningkatan minat dan hasil belajar dibandingkan metode klasikal. Selain itu, terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara minat belajar santri dan hasil belajar mereka. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik santri guna meningkatkan mutu pendidikan di madrasah diniyah.

References

Ahmad, T. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Teras.

Albakhar, N. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Al-Miftah dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Agama Islam bagi Santri Pondok Pesantren Al Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan.

Aldo, M., & Wahyuningsih, M. A. (2020). Pengaruh Metode Al-Miftah Lil Ulum terhadap Keberhasilan Membaca Kitab Kuning Siswa. Academia Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1), 28–43.

Alfiana, Moridu, I., Elisabeth, C. R., Devi, E. K., & Maulana, Y. (2023). Menavigasi Penurunan Nilai Portofolio Investasi Yang Terkait Dengan SoftBank: Implikasi Dan Upaya Strategis. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(03), 283–288. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i03.562

al-Khin, M. (2001). Al-Miftah Lil Ulum: Kunci untuk Menyampaikan Ilmu Agama Islam. Dar al-Fikr.

Amin Abdullah, M. (2012). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Pustaka Pelajar.

Anasro, A., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Santri di Pesantren Kontemporer Al-Hilmu Prigen Pasuruan. Ambarsa: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 162–183.

Anni, C. T. (2004). Psikologi Belajar. IKIP Semarang Press.

Arif, M., Harun, M., & Nor, M. K. (2023). A Systematic Review Trend of Learning Methods for Reading the Kitab Kuning at Pesantren (2000-2022). Journal of Islamic Civilization, 4(2), 146–164. https://doi.org/10.33086/jic.v4i2.3578

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.

Arsyad. (2017). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Ashari, M. K., Faizin, Moh., Yudi, U., Aziz, Y., Irhamni, H., & Athoillah, S. (2023). Considering Local Government Policies Related to Madrasah Diniyah Takmiliyah in Indonesia. Tafkir Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(3), 414–429. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i3.411

Astin, A. W. (1993). What Matters in College? Four Critical Years Revisited. Jossey-Bass.

Aziza, I., Mardhiyah, S., & Hilmi, D. (2021a). Efektivitas Penggunaan Metode Al Miftah Lil Ulum Dalam Pembelajaran Nahwu Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bulupayung Malang. Ebtida Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 106–116. https://doi.org/10.33379/ebtida.v1i2.1031

Aziza, I., Mardhiyah, S., & Hilmi, D. (2021b). Efektivitas Penggunaan Metode Al Miftah Lil Ulum Dalam Pembelajaran Nahwu Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bulupayung Malang. Ebtida Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 106–116. https://doi.org/10.33379/ebtida.v1i2.1031

Baharun, H. (2021). Wali Asuh Sebagai Technical Assistance Dalam Meningkatkan Mutu Belajar Santri Di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Edureligia Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 67–82. https://doi.org/10.33650/edureligia.v5i2.3333

Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Komunikasi Dalam Pengajaran Metode Pendidikan Tradisional Di Sekolah Dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208–219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130

Damayanti, D. P. (2024). Pengembangan Model Dukungan Orang Tua Terhadap Santri Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Di Pondok Pesantren. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 168–175. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3621

Daryanto. (2014). Metode Pengajaran. Gava Media.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1991). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Educational Psychologist, 25(1), 45–60.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Djamarah, S. bahri. (2002). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Edriani, D., Harmelia, H., & Gumanti, D. (2021). Pengaruh Minat Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Di SMK Negeri 1 Painan. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4506–4517. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1479

Efendi, M., & Norhabibi. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Darul Ilmi. Vidya Karya, 36(2), 92. https://doi.org/10.20527/jvk.v36i2.10295

Fadhiliya, L., Wibowo, T., Kustilah, S., & Setiaji, C. (2021). Workshop dan pelatihan metode-metode pembelajaran bagi guru di SMA Negeri 1 Petahanan, Kebumen. Surya Abdimas, 5(4), 372–377.

Fathiyah, A. M. (2023). Diskresi Dalam Implementasi Kebijakan Pelatihan Dasar CPNS Dengan Metode Blended Learning (Studi Kasus Pelatihan Dasar CPNS Kabupaten Maybrat). Jurnal Administrasi Publik, 19(2), 233–260. https://doi.org/10.52316/jap.v19i2.172

Fathurrohman, K. A., Ijudin, I., & Munawaroh, N. (2024a). Implementasi Metode Al-Miftah Berbasis Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Kitab Kuning. Jurnal Pendidikan Riset Dan Konseptual, 8(2), 362. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i2.995

Fathurrohman, K. A., Ijudin, I., & Munawaroh, N. (2024b). Implementasi Metode Al-Miftah Berbasis Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Kitab Kuning. Jurnal Pendidikan Riset Dan Konseptual, 8(2), 362. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i2.995

Fitriyanti, E., Marisa, C., & Utami, S. (2022). Pembinaan Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMK Kharismawita 2 Jakarta Melalui Pembelajaran BK Format Klasikal. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 66–75. https://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1519

Fujianti, N. I., Marhun, M., & Inten, D. N. (2022). Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Metode Tilawati Menggunakan Kartu Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 87–94. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v2i2.1277

Hamdani, H. R., Rizal, F., Shaleh, F. D. A., Zulfan, M., & Alpian, Y. (2024). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 18(1), 65. https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.20751

Hendrisab, H., Samsurizal, S., & Ringgit, A. (2022). Application of the Al-Miftah Al-Ulum Method in Learning the Kitab Kuning Islamic Boarding Schools. Jie, 1(2), 67–74. https://doi.org/10.58485/jie.v2i3.167

Heryyanti, D. A., Tanzeh, A., & Masrokan, P. (2021). Pengaruh Gaya, Minat, Kebiasaan Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Era New Normal. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3935–3945. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1331

Hijriati. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal BUNAYYA: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 74–92.

Hufron, A., & Wahid, A. (2023). Implementation of Al-Miftah Lil €˜Ulum Program in Learning to Read Kitab Kuning at Pondok Pesantren Nurul Huda. Maharot Journal of Islamic Education, 7(2), 179. https://doi.org/10.28944/maharot.v7i2.1424

Husni, Z. M., & Rahman, I. (2020). Islam, Kearifan Lokal, Komunikasi Dakwah; Menakar Konsep Islam Nusantara. Jurnal Islam Nusantara, 4(1), 92. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v4i1.211

Inayah, N., Tang, M., & Mappatunru, S. (2024). KONSEP METODE AL-MIFTAH LIL ULUM DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PESANTREN MULTIDIMENSI AL-FAKHRIYAH. JURNAL KAJIAN ISLAM MODERN, 11(2), 51–63. https://doi.org/10.56406/jkim.v11i2.549

Iriani, F. D. (2022). Analisis Interaksi Edukatif Antara Guru Dan Siswa Madrasah Diniyah. J. Pend. A. Isl. Ind, 3(3), 58–61. https://doi.org/10.37251/jpaii.v3i3.636

Jaelani, H. A., & A’yun, D. Q. (2023). Efektifitas Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1060–1066. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1885

Juwariah. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Diskursus, 8(3), 45–58.

Keller, J. M. (1987). Motivational Design for Learning and Performance: The ARCS Model Approach. Springer.

Khairani, D., Iqbal, M., Rosyada, D., Zulkifli, Z., & Mintarsih, F. (2021). Penerimaan Sistem Pembelajaran Bahasa Arab Dengan E-Learning Dan Gim Di Masa Pandemi COVID-19. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(3), 346–361. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.958

Lapedu, A. M., Jahidin, & Fahyuddin. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Kendari. Jurnal Biofiskim Pendidikan dan Pembelajaran IPA, 3(2), 194–206.

Madrasah Diniyah Roudlotul Khuffadz Kabupaten Sorong. (2023). Data Internal Madrasah Diniyah Roudlotul Khuffadz Kabupaten Sorong.

Marziq, I. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Dharma Wanita Medan. UIN Sumatera Utara.

Mawaddah, S. L. (2022). Problematika Pembelajaran Nahwu Menggunakan Metode Klasik Arab Pegon Di Era Modern. Maharat Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 102–119. https://doi.org/10.18196/mht.v4i2.12976

Muhajirin, A. M. (2024). Efektivitas Metode Al Miftah Lil Ulum Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Al Badar Parepare. Al-Af Idah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 8(1), 365–381. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v8i1.2631

Mujali, A. (2017). Efektivitas penerapan metode al-miftah dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning bagi santri baru Di pondok pesantren syaichona Moh. Cholil bangkalan madura. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 8(1), 38--55. https://doi.org/10.58223/syaikhuna.v8i1.3057

Muslim, Rahman, U., Idris, R., Majid, A. F., & Sulasteri, S. (2021). Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa. Alauddin Journal of Mathematics Education, 3(1), 24–37.

Muzaky, C. M., & Ishari, N. (2020). Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 22–36.

Nofitri, N., Iswantir, Z. S., & Zakir, S. (2024). Pengaruh Penerapan Model Active Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3919–3938.

Novitasari, N., Mahatmyo, A., & Vidyasari, R. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi Melalui Media Pembelajaran Interaktif Genially. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 112–119. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1999

Nuramalia, S. (2023). Jurnal Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.31219/osf.io/ckxzq

Ossai, P. A. U., & Enwefa, C. (2020). Undergraduate students’ achievement in gst 101 using corrected scores and uncorrected scores. Journal of Educational and Social Research, 10(2), 126–133.

Pradana, P. H., Tahir, M., Agustini, K., & Sudatha, I. G. W. (2023). Trend Model Project Based Learning Di Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2498–2506. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1824

Pratiwi, N. P. E. A., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2018). Korelasi Antara Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 347–355.

Purwanto, M. N. (2002). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosda Karya.

Ratnawati. (2021). Model Pembelajaran Klasikal Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Hanif (Jurnal Pendidikan Anak Dan Parenting), 75(80).

Rohman, T., Hanifah, U., Abdullah, M., Ilzam, A., & Sulfiatin, S. (2024). Pembelajaran Mufradāt Pada Anak Tingkat Pemula Di Pondok Pesantren Miftahul Ulūm Panyeppen. Al Mi Yar Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(1), 97. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.3122

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being. American Psychologist, 55(1), 68–78. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.68.

Septe, E., & Jalinus, N. (2019). Masalah Dan Solusi Alternatif Pembelajaran Perancangan Elemen Mesin. Invotek Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 83–94. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.252

Siregar, E., & Nara, H. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Galia Indonesia.

Sudiyo, S., Zaini, M., & Irawati, L. (2023). Motivasi Pembelajaran Ketrampilan Agribisnis Terhadap Santri Darul Iman Sebagai Kecakapan Hidup. Jumaat, 1(2), 75–79. https://doi.org/10.25181/jumaat.v1i2.3453

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Cet (Vol. 15). Alfabeta.

Sulandari, S. (2020). Analisis terhadap metoda pembelajaran klasikal dan metoda pembelajaran e-learning di lingkungan Badiklat Kemhan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 176–187.

Suparno. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Santri pada Pondok Pesantren di Kecamatan Mandiangin. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 67–78.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Susanto, D., Baehaki, I., & Juhana, F. N. U. (2021). Pengaruh Metode Field Trip Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Di Kecamatan Ngantru. Briliant Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(3), 486. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i3.637

Syarief, O., Dwiayu, A. R., Mulyo, G. P. E., Fauziyah, R. N., Aminah, M., Surmita, S., & Cahyaningsih, H. (2021). The Effect of Nutrition Education Using Pocketbook Media on Iron and Protein Intake. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:239549981

Syarifuddin, M., & Syuhud, S. (2023). Metode Pembelajaran Kitab Al-Miftah Lil Ulum Sidogiri (Studi Metode Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al-Maliki Duren Lumajang). Risalatuna Journal of Pesantren Studies, 3(2), 165–180. https://doi.org/10.54471/rjps.v3i2.2525

Syharsono, & Retnoningsih, A. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Widya Karya.

Trisno, B., & Syawaluddin, S. (2023). Implementasi Bahasa Inggris Dengan Direct Method Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Islam Pada Santri Al-Hidayah Jorong Marambuang. Surau, 1(1), 15. https://doi.org/10.30983/.v1i1.6846

Tüysüz, C., Gürbüz, M., Göncü, A., & Uğulu, İ. (2023). Prospective teachers’ attitudes towards the education of gifted/talented students. Mier Journal of Educational Studies Trends & Practices, 13(2), 275–298.

Ubaidillah, I., & Rif’an, A. (2019). Efektivitas Metode Al-Miftah Lil ʻulum Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Kitab Kuning Pada Santri Madrasah Diniah. Journal Piwulang, 2(1), 36. https://doi.org/10.32478/piwulang.v2i1.300

Verawati, A. (2021). Pengaruh Disiplin dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Motivasi Belajar pada Kelas Takhasus di Madrasah Ibnul Qoyyim Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga, 2021.

Wanabuliandari, S., Ulya, F. F., Sumaji, S., Ardianti, S. D., & Ghozali, M. I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Modul Digital Interaktif Berbasis Keunggulan Lokal PANTURA JATENG Terhadap Kecerdasan Logis Matematis Siswa Mental Retardation. Kognitif Jurnal Riset Hots Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1380

Yasmadi. (2005). Modernisasi Pesantren: Kritik Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Ciputat Press,.

Yusuf, M. J. (2022). Pengaruh Metode Problem Solving dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Peserta Didik Kelas XI SMKN 5 Soppeng Kec. In Marioriawa Kab. Soppeng. Tesis, UIN Alauddin Makassar.

ZAHRAH, N. A., & Rusmawati, D. (2018). Hubungan Pengungkapan Diri Dengan Motivasi Belajar Pada Santri Putri Kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Islam (Ppmi) Assalaam Sukoharjo. Jurnal Empati, 6(4), 11–16. https://doi.org/10.14710/empati.2017.19982

Zhang, J., Xing, J., Zheng, M., Sheng, J., Zhang, K., & Zhang, B. (2021). Effectiveness of virtual simulation and jaw model for undergraduate periodontal teaching. BMC Medical Education, 21(1), 616. https://doi.org/10.1186/s12909-021-03064-1

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Al Jawad, U. A., Amin, S., M, F. A., Nur, I., & Sunatar, B. (2025). Efektivitas Metode Al Miftah Lil Ulum Dan Metode Klasikal Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Kitab Kuning Santri Di Madrasah Diniyah Roudlotul Khuffadz Kabupaten Sorong. EDUKASI, 13(1), 171–186. https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2935

Issue

Section

Articles