Pengaruh Knowledge Sharing Antar Mahasiswa Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kolaboratif di Kampus Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI)
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.3063Keywords:
Knowledge Sharing, Kualitas Pembelajaran KolaboratifAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana pengaruh knowledge sharing antar mahasiswa terhadap peningkatan kualitas pembelajaran kolaboratif di lingkungan perguruan tinggi, khususnya di Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI). Melalui pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 30 responden mahasiswa dengan menggunakan instrumen kuesioner dengan dua variabel utama, yaitu knowledge sharing (X) dan pembelajaran kolaboratif (Y). Analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, korelasi Pearson, dan regresi linear sederhana menggunakan analisis SPSS. Hasil penelitian memperoleh bahwa knowledge sharing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelajaran kolaboratif dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,436. Hal ini memperoleh bahwa sebesar 43,6% variasi dalam pembelajaran kolaboratif dapat dijelaskan oleh aktivitas berbagi pengetahuan antar mahasiswa. iNilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 menguatkan yang arinya hubungan antara kedua variabel signifikan secara statistik. Temuan ini memperkuat pandangan bahwa proses berbagi informasi, pengalaman, dan pemahaman di antara mahasiswa menjadi faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran kolaboratif. Selain itu, peran teknologi seperti media sosial, platform digital, dan forum daring turut mendukung efektivitas knowledge sharing di lingkungan akademik. Dengan demikian, institusi pendidikan tinggi perlu mengintegrasikan strategi knowledge sharing ke dalam metode pembelajaran untuk mendorong kolaborasi yang produktif dan bermakna.
References
Abdillah, L. A., Fauziah, A., Napitupulu, D. S., Sulistiyo, H., Fitriyanti, F., Sakti, B. P., Khusnia, A. N., Noveni, N. A., Tarjo, T., Suwarno, S., Chamidah, D., Puri, V. G. S., Salman, I., & Nurkanti, M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Penerapannya. Penerbit Adab.
Ambarsari, A., & Zul Bay, A. (2023). Pengaruh Knowledge Sharing dan Learning Organization terhadap Innovative Work Behavior pada Staf Fakultas USN Kolaka. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 01(02), 78–84.
Assyari. (2018). Status sosial masyarakat yang berpendidikan. Pengembangan, Jurusan Islam, Masyarakat Dakwah, Fakultas Komunikasi, D A N Ar-Raniry, Universitas Islam Negeri Aceh, Banda.
Hair, J. F. J., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2009). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson Education.
Ipe, M. (2004). Knowledge Sharing in Organizations: An Analysis of Motivators and Inhibitors. Online Submission, 399–406. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1534484303257985
Kurniawan, T., & Mulyadi, D. (2021). Faktor penentu efektivitas kolaborasi mahasiswa dalam pembelajaran daring. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(1), 55–67.
Panitz, T. (1997). Collaborative versus Cooperative Learning: A Comparison of the Two Concepts Which Will Help Us Understand the Underlying Nature of Interactive Learning. Cooperative Learning and College Teaching, 8(2), 13. http://pirun.ku.ac.th/~btun/pdf/coop_collab.pdf
Pratiwi, N., & Fatoni, A. (2023). Semester akhir dan kemampuan kolaboratif mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 18(3), 224–233.
Rahmat, H., & Sari, A. (2022). Gender dan interaksi akademik di perguruan tinggi: Studi kasus pada mahasiswa pendidikan. Jurnal Gender & Pendidikan, 7(1), 13–22.
Setiarso. (2011). Penerapan Knowledge Management di Organisasi. Majalah Ilmiah, 8(5), 9–12. http://kmwayang.blogspot.com
Slavin, R. E. (2016). Instruction Based on Cooperative Learning. Handbook of Research on Learning and Instruction, Second Edition, 388–404. https://doi.org/10.4324/9781315736419-27
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Usman, S. H., & Oyefolahan, I. O. (2014). Encouraging Knowledge Sharing using Web 2.0 Technologies in Higher Education: A Survey. International Journal of Managing Information Technology, 6(2), 19–28. https://doi.org/10.5121/ijmit.2014.6202

