Pemanfaatan Media Pembelajaran Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Senam Lantai Kelas VII SMP Negeri 6 Natar
DOI:
https://doi.org/10.61672/joi.v9i2.3313Keywords:
Pembelajaran Media Canva; Motivasi Belajar; Senam LantaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pemanfaatan media Canva dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi senam lantai di SMP Negeri 6 Natar. Senam lantai membutuhkan pemahaman visual dan praktis tentang gerakan, dan pemahaman dampak Canva sebagai media pembelajaran digital diharapkan dapat menginformasikan pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif dan menarik. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain pra-eksperimental dalam bentuk Studi Kasus Satu-Shot, populasi penelitian terdiri dari seluruh 96 siswa kelas tujuh, yang diambil sampelnya menggunakan total sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa melalui pembelajaran berbasis Canva pada materi senam lantai. Media Canva memberikan pengaruh yang kuat terhadap motivasi di seluruh kelas sampel, dengan peningkatan dari 24,4% menjadi 67,3% di Kelas A, 73,1% menjadi 75,8% di Kelas B, 21,8% menjadi 76% di Kelas C, dan 86% menjadi 88,1% di Kelas D. Variabel lain di luar penelitian memengaruhi sisanya. Dapat di simpulkan media Canva memiliki dampak yang kuat dan signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa senam lantai kelas tujuh di SMP Negeri 6 Natar, sebagaimana dibuktikan oleh koefisien korelasi yang kuat.









