Upaya Peningkatan Gerak Dasar Lokomotor Dengan Menggunakan Ban Bekas Pada Siswa Kelas III SD 190 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.61672/joi.v9i2.3311Keywords:
pendidikan jasmani, Gerak Dasar Lokomotor, Media Ban Bekas, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar lokomotor siswa melalui penerapan media ban bekas dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani kesehatan dan olahraga di kelas III SDN 190 Pekanbaru. Masalah kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani, terlihat bahwa sebagian siswa mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan seperti berlari, melompat, meloncat, dan melangkah dengan baik. Gerakan yang ditampilkan cenderung kaku, kurang seimbang, serta kurang memiliki koordinasi tubuh yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas III SDN 190 Pekanbaru yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Kesimpulan penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap kemampuan gerak dasar lokomotor siswa setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan media ban bekas. Pada siklus I, hanya 12% siswa yang berada pada kategori baik dan 32% pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 36% kategori baik dan 44% kategori cukup. Ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan meningkat sebesar 36% dari siklus I ke siklus II.









