Implementasi Model Pembelajaran PJOK Berbasis Permainan: Studi Kasus Di SDN 190 Cisaranten Kidul, Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.61672/joi.v9i2.3292Keywords:
Physical Education, Game-Based Learning, Elementary SchoolAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi model pembelajaran PJOK berbasis permainan di SDN 190 Cisaranten Kidul, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta dampaknya terhadap siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan subjek satu guru PJOK dan 30 siswa kelas V, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi lalu dianalisis secara tematik. Hasil menunjukkan pembelajaran berbasis permainan Obstacle Relay dan Ball Coordination Challenge berjalan efektif melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi meski fasilitas terbatas. Faktor pendukungnya adalah kreativitas guru, antusiasme siswa, dan dukungan sekolah, sedangkan penghambatnya meliputi keterbatasan sarana, kondisi cuaca, dan perbedaan kemampuan fisik. Dampak penerapan model ini positif, ditandai dengan meningkatnya motivasi, keterampilan motorik, kerja sama sosial, dan suasana belajar yang lebih interaktif.









