Implementasi Model Pembelajaran PJOK Berbasis Permainan: Studi Kasus Di SDN 190 Cisaranten Kidul, Kota Bandung

Authors

  • Maulana Yusup Djaelani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • M. Fachturahman Fachturahman Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Ady Perdian Noor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.61672/joi.v9i2.3292

Keywords:

Physical Education, Game-Based Learning, Elementary School

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi model pembelajaran PJOK berbasis permainan di SDN 190 Cisaranten Kidul, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta dampaknya terhadap siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan subjek satu guru PJOK dan 30 siswa kelas V, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi lalu dianalisis secara tematik. Hasil menunjukkan pembelajaran berbasis permainan Obstacle Relay dan Ball Coordination Challenge berjalan efektif melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi meski fasilitas terbatas. Faktor pendukungnya adalah kreativitas guru, antusiasme siswa, dan dukungan sekolah, sedangkan penghambatnya meliputi keterbatasan sarana, kondisi cuaca, dan perbedaan kemampuan fisik. Dampak penerapan model ini positif, ditandai dengan meningkatnya motivasi, keterampilan motorik, kerja sama sosial, dan suasana belajar yang lebih interaktif.

Downloads

Published

2025-10-29

How to Cite

Implementasi Model Pembelajaran PJOK Berbasis Permainan: Studi Kasus Di SDN 190 Cisaranten Kidul, Kota Bandung. (2025). Jurnal Olahraga Indragiri, 9(2), 120-130. https://doi.org/10.61672/joi.v9i2.3292