Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai dengan Model Game-Based Learning Kelas V SDN Mattoanging II Kota Makassar

Authors

  • Muh. Nur Fajar Arsyad Universitas Negeri Makassar
  • Sudirman Burhanuddi Universitas Negeri Makassar
  • Suwardi Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61672/joi.v9i2.3061

Keywords:

Game-Based Learning, Kurikulum Merdeka, hasil belajar, roll belakang, roll depan, senam lantai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai, khususnya pada gerakan roll depan dan roll belakang, dengan menggunakan model Game-Based Learning yang berlandaskan pada Kurikulum Merdeka di kelas V SDN Mattoanging II. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas V, yang terdiri dari 9 peserta didik putra dan 11 peserta didik putri. Data hasil penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan evaluasi hasil belajar senam lantai yang dilakukan setelah setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, hanya 20% siswa yang mencapai ketuntasan belajar, sementara pada siklus kedua, terjadi peningkatan yang signifikan dengan 95% siswa berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Game-Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar senam lantai, terutama pada gerakan roll depan dan roll belakang di kelas V SDN Mattoanging II.

Downloads

Published

2025-10-29

How to Cite

Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai dengan Model Game-Based Learning Kelas V SDN Mattoanging II Kota Makassar. (2025). Jurnal Olahraga Indragiri, 9(2), 198-207. https://doi.org/10.61672/joi.v9i2.3061