Penerapan Falsafah Pendidikan dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.61672/joi.v9i2.2990Keywords:
Gerakan lokomotor, pembelajaran atletik, metode bermain, pendidikan jasmani.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh metode bermain dalam meningkatkan gerakan lokomotor siswa dalam pembelajaran atletik di SMA 1. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pendekatan kuantitatif dan sampel sebanyak 30 siswa kelas VIII 2. Dalam pembelajaran, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Dalam teknik ini, sampel ditentukan dengan pertimbangan tertentu, yaitu siswa kelas XI yang, menurut pertimbangan peneliti, masih mengingat dengan lebih jelas alasan dan proses saat melakukan gerakan lokomotor. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dianalisis, jawaban terhadap hipotesis yang sebelumnya diajukan oleh peneliti telah diperoleh. Hasil dan kesimpulan tentang upaya meningkatkan gerakan lokomotor siswa SMA melalui pembelajaran atletik menggunakan metode bermain di SMA 1. Memiliki pengaruh terhadap gerakan lokomotor siswa, terutama dalam kegiatan pembelajaran materi atletik. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan selama pembelajaran materi pembelajaran atletik. Metode bermain dalam kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif, menyenangkan, dan menarik. Selain itu, penggunaan metode bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani sangat efektif dan efisien bagi siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani di SMA.









