Strategi Pembelajaran Kooperatif TGT dan Kepercayaan Mahasiswa terhadap Hasil Servis Bola Voli
DOI:
https://doi.org/10.61672/joi.v9i1.2927Keywords:
Srategi Pembelajaran (TGT), Kepercayaan Diri, Servis Bawah Bola VoliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kepercayaan diri siswa dalam melakukan servis bawah bola voli. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari siswa sekolah menengah yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui observasi, angket kepercayaan diri, dan tes keterampilan servis bawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa Qhitung (Qh) = -2.0281 lebih kecil dari pada Qtabel = 3.89 atau Qhitung < Qtabel pada taraf signifikan α 0.05, dengan demikian hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (H1) ditolak, artinya, bahwa hasil belajar servis bawah yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif TGT ( = 52.583 dan s =6.4872) lebih tinggi. Selain itu, siswa yang belajar dengan metode TGT menunjukkan peningkatan signifikan dalam akurasi dan konsistensi servis bawah bola voli dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi pembelajaran kooperatif TGT dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan keterampilan teknis sekaligus membangun kepercayaan diri siswa dalam permainan bola voli