Persepsi Mahasiswa Non Bahasa Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Berbasis Digital Learning

Authors

  • aryawira pratama UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.3331

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Inggris, Pembelajaran Digitial, Mahasiswa Non Bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris berbasis digital di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, khususnya pada Program Studi Tadris Matematika dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method) dengan desain survei kuantitatif dan wawancara kualitatif. Sebanyak 100 responden (40 mahasiswa Tadris Matematika dan 60 mahasiswa PGMI) mengisi kuesioner yang dibagi menjadi dua subtopik, yaitu experience dan benefit, sedangkan dua mahasiswa dipilih sebagai partisipan wawancara mendalam. Data kuantitatif dianalisis menggunakan skala Likert dan indeks persepsi, sedangkan data kualitatif dianalisis melalui triangulasi antara hasil wawancara, observasi, dan survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris berbasis digital berada pada kategori sangat positif dengan indeks 82,4%, yang menandakan pembelajaran digital dinilai efektif, fleksibel, dan menyenangkan. Mahasiswa merasa lebih termotivasi, mandiri, dan percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran digital memberikan kontribusi penting terhadap peningkatan kompetensi dan motivasi belajar mahasiswa non-bahasa di lingkungan pendidikan Islam

References

Asia, N., Mukhlis, Fadilah, N., Dila, & Latief, S. A. (2025). ANALISIS KREATIVITAS MAHASISWA PGSD DALAM INTEGRASI MEDIA DIGITAL DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING NUR. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 23–32.

Aswan, D. (2023). Analisis Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Era Internet Dedy Aswan Universitas Negeri Makassar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 949–955.

Atmojo, A. N. & A. E. P. (2019). DIGITAL LEARNING OF ENGLISH BEYOND CLASSROOM: EFL LEARNERS’ PERCEPTION AND TEACHING ACTIVITIES Arif. Journal of EFL, 4(2), 219–243.

Authar, N., Rasyid, R. A., Saputri, T., Basuki, E. P., & Hubba, N. (2025). BARAKATI : Journal of Community Service Pengembangan Keterampilan Bahasa Inggris dan Literasi Digital bagi Komunitas Lokal melalui Pelatihan Berbasis Media Sosial BARAKATI : Journal of Community Service. BARAKATI: Journal of Community Service, 03, 74–82.

Creswell, J. W. (2014). Research Design (4th Editio). Sage Publication.

Damayanti, L. S. (2020). IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PENDIDIKAN TINGGI PARIWISATA DI BALI SELAMA PANDEMI COVID-19 Luh. JOURNEY, 2, 63–82.

Dian, P., & Paramita, Y. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris : Studi Kasus Implementasi Aplikasi E-Learning. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Vol. 4, 2 (December, 2023), Pp. 1799-1804 ISSN: 2721-1150 EISSN: 2721-1169 Penggunaan, 4(4), 1799–1804.

Dwiyanti, E., & Purnamaningsih, I. R. (2021). Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis DIgital Picture Books untuk Pembelajaran Jarak Jauh. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 9(November), 225–236.

Fajarina, M. (2022). Pengembangan E-Learning Berbasis WEB Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris. SUKMA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 17–34.

Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMK ATLANTIS. Jurnal Instruksional, 3(1), 1–17.

Fernando, D., Susanty, A. I., Ph, D., Bisnis, A., Ekonomi, F., & Telkom, U. (2025). PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP ONLINE LEARNING BEHAVIOR ( Studi pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom ). Jurnal Telekomunikasi, 4(1), 110–118.

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING : Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33.

Mahsunah, E. (2021). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19. Qlamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Agama, 13(2), 957–968. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1257

Mappangara, S. B., & Alwi, M. (2023). Otonomi Pelajar Dalam Pembelajaran Daring di Masa Endemi Covid-19. Jupiter: Jurnal Peniddikan Terapan, 01(September), 39–54.

Nurvrita, A. S. (2020). OTONOMI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KAMPUS MERDEKA – MERDEKA BELAJAR. JPAK, 20(2).

Perdana, M. R. (2022). Dampak Positif Literasi Digital terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Digital Literacy , Independent Learning , Educational Technology , Qualitative Research , Student Literasi Digital , Belajar Mandiri , Teknologi Pendidikan , Riset Kualitatif , Pem. Jurnal Pendidikan Dan Terapannya, 12(1), 43–47.

Pratikno, H. (2023). Pengaruh Aktivitas Penggunaan Media Digital terhadap Kemampuan dan Keterampilan Berbahasa Mahasiswa. HORTATORI, 7, 181–189.

Pujiono, I., Manoppo, V., & Pratama, R. B. (2025). Integrasi Pendekatan Pembelajaran Adptif dan Teknologi Interaktif untuk Mengoptimalkan Proses Belajar Mahasiswa di Lingkungan Perguruan Tinggi Digital. Scripta Technica: Journal of Engineering and Applied Technology, 1(2).

Revola, Y. (2024). Implementasi literasi digital dalam merancang desain pembelajaran bahasa inggris bagi mahamahasiswa tadris bahasa inggris menggunakan aplikasi canva 1. Kenduri: Jurnal Pengabdian Kepada Masyrakat, 03(03), 100–114.

Sahetapy, M. A., Sumilat, J. M., & Tarusu, D. T. (2023). Pengembangan Media Flashcard Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Program Pascasarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD ) Universitas Negeri Manado. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 926–935.

Sahredin, E. Y., Marlina, L., & Rayhan, M. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Bahasa Indonesia Siswa SMP. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7.

Silitonga, A., & Fitria, D. (2025). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Melalui Kegiatan Cerita Berbasis Karakter pada Anak integrasi empat komponen : pemahaman , pengayaan kosakata , penyusunan kalimat , dan juga. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, September.

Siswadi, G. A., Paula, D., & Juwan, A. (2024). MERDEKA BELAJAR DI ERA DIGITAL DAN. MAHA WIDYA BHUWANA, 7(1), 59–71.

Triajie, H., Hasan, A., Silviana, D., Efendi, S. O., Safitri, L. D., Madura, U. T., Telang, D., Kamal, K., & Bangkalan, K. (2025). Implementasi pembelajaran bahasa inggris anak melalui media digital interaktif di desa dadi. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA), 3(7).

Ummat, L. S., Fahriza, F., & Munir, M. (2024). LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA AL. JUMBis: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 188–201.

Downloads

Published

2025-11-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Persepsi Mahasiswa Non Bahasa Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Berbasis Digital Learning. (2025). EDUKASI, 13(2), 593-608. https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.3331