Analisis Kesulitan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61672/judek.v13i2.2991Keywords:
menulis puisi, , kesulitan menulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami oleh siswa kelas V SD Negeri Randu Garut dalam menulis puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil tulisan puisi siswa. Subjek penelitian meliputi guru kelas V, wakil kepala sekolah, serta enam siswa kelas V yang dipilih berdasarkan latar belakang akademik yang beragam (tinggi, sedang, dan rendah). Untuk memperoleh data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan, peneliti menerapkan teknik triangulasi, yaitu dengan membandingkan hasil dari ketiga teknik pengumpulan data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menulis puisi, terutama dalam aspek pengembangan imajinasi, penggunaan gaya bahasa, dan pemahaman struktur puisi. Faktor utama penyebab kesulitan tersebut antara lain rendahnya minat baca, kurangnya latihan menulis, dan strategi pembelajaran yang kurang bervariasi. Temuan ini juga menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran yang inovatif, seperti media audio-visual, metode kontekstual, dan kegiatan literasi yang menyenangkan, dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi antara guru, sekolah, dan orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan keterampilan menulis kreatif di sekolah dasar.
References
Arianti, R. (2020). Pelatihan Menulis Kreatif Puisi Pada Siswa Kelas Tinggi Sd Negeri 006 Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56313/jmnr.v1i1.1
Bebhe, A., & Noge, M. D. (2024). Pembuatan majalah dinding untuk meningkatkan literasi menulis di Sekolah Dasar Katholik Watumite. Jurnal Citra Kuliah Kerja Nyata, 2(4), 238–247. https://doi.org/10.38048/jckkn.v2i4.3310
Fajriranti, A. N., Sumarno, S., & Sukamto, S. (2023). ANALISIS HAMBATAN MENULIS PUISI SISWA SESUAI DENGAN STRUKTUR PUISI KELAS IV SDN PETERONGAN SEMARANG. Wawasan Pendidikan, 3(1), 51–60. https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.10329
Kirana, C., & Canditunggal, S. (2020). Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA BAGI SISWA KELAS IV MELALUI MEDIA AMPLOP LITERASI.
Lentera Pedagogi, J. (2022). Lentera Pedagogi 6 (1)(2022): 26-35 Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pagar Alam Tahun Pelajaran 2021-2022 Reklan Arlindo 1 , Henny Nopriani 2 , Septi Ariyani 3. http://journal.unbara.ac.id/index.php/fkipakad
Putri, A., Mulyaningsih, I., & Amalia Putri, W. (2023). KABASTRA IS LICENSED UNDER CREATIVE COMMONS ATTRIBUTION-SHAREALIKE 4.0 INTERNATIONAL LICENSE Hubungan Kebiasaan Membaca Karya Sastra dan Keterampilan Menulis Puisi | Widya HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA KARYA SASTRA DAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI.
Putro, D. B. W., Widowati, W., Rochmiyati, S., & Khasanah, K. (2022). Menulis kreatif puisi pada media celengan melalui proses Tri-N. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Abdimas, 1(1), 647–653.
Rahmawati, D., & Citrawati, T. (2023). Jenis Kesulitan Menulis Puisi bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 45–50. https://doi.org/10.33096/didaktis.v1i2.299
Rahmawati, D., & Citrawati, T. (2023). Jenis Kesulitan Menulis Puisi bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 45–50. https://doi.org/10.33096/didaktis.v1i2.299
Rinjani, E., Asri, S., Ayuningrum, S., Pgsd, P., & Negara, K. (2021). Prosiding Seminar NasionalPendidikan STKIP Kusuma Negara III Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Benda Konkret pada Siswa Kelas IV SD.
Ryandi, Ecca, S., Saifullah, & Hanafi, M. (2025). ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA: FOKUS PADA SLOW LEARNER DI SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12(1), 81–93. https://doi.org/10.38048/jipcb.v12i1.4857
Safikri, A. L., Cahyaning, S. R., Tyastuti, D., & Suprihatien. (2024). ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS V SDN DUKUH KUPANG V SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 18580–18585.
Sariyati, S., Widayati, M., & Iriani Sri Ratnaningsih, R. (2024). PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PADA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR.
Septiwi, E., Kuntarto, E., & FKIP Universitas Jambi, P. (2024). ASPEK-ASPEK PENYEBAB KESULITAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR.
Suntari. (2003). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MENULIS “PUISI-FORMULA.” Teknik Bendungan, 1, 1–7.
Yahya, R. E., Rohmanurmeta, F. M., & Widyaningrum, H. K. (2024). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Kasus di SDN Kutuwetan Kabupaten Ponorogo). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 9(2), 314–322. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.3538

