Penerapan Metode Communicative Language Teaching (CLT) dalam Pengajaran "Describing Place" di Panti Asuhan Puri Kasih
DOI:
https://doi.org/10.61672/cemara.v3i1.3080Keywords:
Communicative Language Teaching, Describing Place, Panti AsuhanAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris (speaking skill) anak-anak di Panti Asuhan Puri Kasih Tembilahan melalui implementasi metode Communicative Language Teaching (CLT) pada materi Describing Place. Metode ini dipilih karena berfokus pada penggunaan bahasa dalam konteks nyata dan mampu mendorong interaksi dan partisipasi aktif siswa. Kegiatan pengajaran dilaksanakan selama tiga hari dengan tehnik yang beragam yaitu Vocabulary and Guided Speaking, Asking and Giving Information about Place, dan My favourite Place Presentation. Hasil Kegiatan menunjukkan ada peningkatan kepercayaan diri dan kemampuan siswa dalam membuat kalimat deskriptif secara lisan. Disamping itu penerapan metode CLT membangun atmosfer belajar yang menyenangkan dan komunikatif dimana siswa lebih berani mengungkapkan idenya dalam bahasa inggris serta mampu bekerja sama dalam kelompok. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa metode CLT sangat efektif dan relevan untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di lingkungan non-formal seperti panti asuhan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Erma Purwanti, Maizarah Maizarah, Agus Mustajib, Melda Yeni, Alda Oktarisma Salsabil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.