Pendokumentasian Pengalaman dan Solidaritas Mahasiswa Program Doktor Kependidikan Universitas Jambi Angkatan Tahun 2024

Authors

  • Edi Kurniawan Universitas Karimun
  • Ade Taufan Universitas Merangin
  • Egi Agustandi Universitas Merangin
  • Shobrina Fitri Universitas Merangin

DOI:

https://doi.org/10.61672/cemara.v3i1.3004

Keywords:

Pengalaman, Solidaritas, Kependidikan

Abstract

Tujuan untuk mendokumentasikan interaksi, kegiatan bersama, dan dukungan antar mahasiswa, dokumentasi ini dapat memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas. Hal ini penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang suportif, di mana mahasiswa merasa tidak sendiri dalam menghadapi tekanan studi. Kegiatan pengabdian ini didesain dari Pembelajaran online dan offline. Sasaran dalam pengabdian ini terdiri dari mahasiswa program doktor kependidikan angkatan 2024 berjumlah 42 orang, kelas A dan B. Yang di fokuskan untuk kelas B berjumlah 20 orang. Media yang digunakan: WhatsApp Group Kelas B dan Mata Kuliah. Waktu pelaksanaan untuk kegiatan yaitu; pada semester ganjil 2024/2025 sesuai Kelender Akademik UNJA. Dimulai pada tanggal 1 agustus 2024 s.d 29 januari 2025 untuk kelas B. Perjalanan Program Doktor Kependidikan UNJA angkatan 2024 masih panjang. Namun, dengan fondasi solidaritas dan pengalaman yang telah terukir, mereka melangkah maju dengan optimisme. Ikatan yang terbentuk bukan sekadar relasi pertemanan biasa, melainkan sebuah keluarga akademis yang saling mendukung dan menginspirasi. Mereka yakin, dengan semangat kebersamaan ini, setiap rintangan dapat diatasi, dan tujuan untuk menjadi agen perubahan di bidang kependidikan akan tercapai. Angkatan 2024 ini adalah bukti bahwa perjalanan doktor tidak harus selalu sendirian, melainkan dapat menjadi sebuah petualangan kolaboratif yang penuh makna dan kenangan.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Edi Kurniawan, Ade Taufan, Egi Agustandi, & Shobrina Fitri. (2025). Pendokumentasian Pengalaman dan Solidaritas Mahasiswa Program Doktor Kependidikan Universitas Jambi Angkatan Tahun 2024. CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.61672/cemara.v3i1.3004