Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Benda Benda Nyata

Authors

  • Sri Yuliani Univrsitas Muhammadiyah Palembang
  • Kurnia Saputri Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Endang Puji Astuti Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61672/cemara.v3i1.2943

Abstract

Abstrak

Pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia sering kali dihadapkan pada berbagai tantangan, termasuk rendahnya motivasi siswa dan kesulitan dalam memahami kosakata baru. Salah satu metode yang dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa adalah pengajaran menggunakan benda nyata. Metode ini memanfaatkan benda-benda sehari-hari untuk memperkenalkan kosakata dan konsep bahasa, menjadikan pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan kontekstual. Laporan kemajuan ini menguraikan bagaimana metode ini dapat diterapkan secara efektif di kelas bahasa Inggris, dengan rincian tentang tujuan, metode pelaksanaan, anggaran, jadwal kegiatan, dan daftar pustaka yang mendukung. Hasil yang didapat dari kegiatan pelaksanan PKM di SD Negeri 127 Palembang tersebut adalah terdapatnya siswa-siswa lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran dikelas juga perbendaharaan kosakata mereka dalam bahasa Inggris meningkat.

Kata Kunci: Pembelajaran bahasa Inggris; benda-benda nyata

 

Abstract

Learning English in Indonesia is often faced with various challenges, including low student motivation and difficulty in understanding new mathematics. One method that can increase students’ involvement and understanding is teaching using real objects. This method used everyday objects to introduce language understanding and concepts, making learning more interesting, interactive and contextual. This progress report outlined how this method can be implemented effectively in the English classroom, with details about the objectives, method implementation, budget, activity schedule, and supporting bibliography. The results obtained from the PKM implementation activities at SD Negeri 127 Palembang were that students were more active and creative in carrying out classroom learning and their mastery of English.

Keywords: English Learning; Real Objects

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Sri Yuliani, Saputri, K., & Puji Astuti, E. (2025). Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Benda Benda Nyata. CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(1), 14–18. https://doi.org/10.61672/cemara.v3i1.2943