Penguatan Kompetensi Tenaga Kependidikan Melalui Pelaksanaan Asesmen Berbasis Kinerja di Universitas Islam Indragiri
DOI:
https://doi.org/10.61672/cemara.v3i1.2917Keywords:
Asesmen Berbasis Kinerja, Kompetensi Tenaga Kependidikan, Pengembangan Profesional, Universitas Islam IndragiriAbstract
Universitas Islam Indragiri (UNISI) menghadapi tantangan kompleks dalam pengembangan kompetensi tenaga kependidikan melalui sistem asesmen yang komprehensif. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi tenaga kependidikan melalui implementasi asesmen berbasis kinerja. Metode pengabdian menggunakan pendekatan partisipatif dan diagnostik dengan tahapan: pemetaan kompetensi, intervensi pengembangan, dan evaluasi berkelanjutan. Kegiatan dilaksanakan pada 3-5 Maret 2025 dengan melibatkan 42 tenaga kependidikan dari berbagai unit kerja. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan pada kompetensi tenaga kependidikan. Kompetensi pedagogis meningkat dari 62,5% menjadi 78,3%, kompetensi profesional dari 58,7% menjadi 75,4%, dan kompetensi kepribadian dari 65,2% menjadi 82,1%. Pemahaman konsep asesmen berbasis kinerja meningkat 87%, kemampuan praktik asesmen 82%, dan motivasi pengembangan diri 91%. Kegiatan berhasil mentransformasi pendekatan asesmen dari model tradisional menjadi sistem penilaian yang lebih komprehensif, objektif, dan konstruktif. Simpulan pengabdian menunjukkan bahwa asesmen berbasis kinerja efektif dalam mengidentifikasi kesenjangan kompetensi, mendorong pengembangan profesional, dan membangun budaya evaluasi positif di lingkungan Universitas Islam Indragiri. Rekomendasi utama meliputi implementasi berkelanjutan sistem asesmen, pengembangan infrastruktur pendukung, dan penyusunan kebijakan yang mendorong peningkatan kompetensi tenaga kependidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad, Edi Susrianto Indra Putra, Najamuddin Najamuddin, Hasnawati Hasnawati, Mardiah Mardiah, M Tarmizi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.