Penerapan Integrated Approach Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di EEC MAN 1 Inhil

Authors

  • Samsul Amri Universitas Islam Indragiri
  • Maizarah Maizarah Universitas Islam Indragiri
  • Sri Erma Purwanti Universitas Islam Indragiri
  • Felci Tria Sauhana Universitas Islam Indragiri

DOI:

https://doi.org/10.61672/cemara.v1i1.2590

Keywords:

Kemampuan, berbicara, Integrated Approach

Abstract

Di era sekarang ini, Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa terpenting untuk menunjang kesuksesan hidup dan karir seseorang. Oleh sebab itu, pembiasaan penggunaan bahasa Inggris harus diterapkan. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Indragiri melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Excellent English Camp (EEC) MAN 1 INHIL. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa bimbingan belajar atau kursus. Adapun tujuan dari PKM ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara melalui Pendekatan Terpadu (Integrated Approach). Berdasarkan hasil kegiatan PKM ini didapatkan bahwa siswa EEC MAN 1 INHIL memiliki kemampuan yang bervariasi, hasil dari tes sebagai alat ukur kompetensi siswa dalam kemampuan berbahasa inggris, mereka dibagi menjadi 3 level; tingkat dasar (basic) (32,56%), tingkat menengah (intermediate) (34,88%), dan tingkat atas / mahir (advance) (32,56%). Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan PKM melalui penerapan Pendekatan Terpadu (Integrated Approach) telah memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris peserta PKM.

Downloads

Published

2023-07-21

How to Cite

Amri, S., Maizarah, M., Purwanti, S. E., & Sauhana, F. T. (2023). Penerapan Integrated Approach Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di EEC MAN 1 Inhil. CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 23–30. https://doi.org/10.61672/cemara.v1i1.2590