Penerapan Integrated Approach Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di EEC MAN 1 Inhil
DOI:
https://doi.org/10.61672/cemara.v1i1.2590Keywords:
Kemampuan, berbicara, Integrated ApproachAbstract
Di era sekarang ini, Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa terpenting untuk menunjang kesuksesan hidup dan karir seseorang. Oleh sebab itu, pembiasaan penggunaan bahasa Inggris harus diterapkan. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Indragiri melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Excellent English Camp (EEC) MAN 1 INHIL. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa bimbingan belajar atau kursus. Adapun tujuan dari PKM ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara melalui Pendekatan Terpadu (Integrated Approach). Berdasarkan hasil kegiatan PKM ini didapatkan bahwa siswa EEC MAN 1 INHIL memiliki kemampuan yang bervariasi, hasil dari tes sebagai alat ukur kompetensi siswa dalam kemampuan berbahasa inggris, mereka dibagi menjadi 3 level; tingkat dasar (basic) (32,56%), tingkat menengah (intermediate) (34,88%), dan tingkat atas / mahir (advance) (32,56%). Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan PKM melalui penerapan Pendekatan Terpadu (Integrated Approach) telah memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris peserta PKM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.