Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa Dengan Menggunakan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN) Pada Siswa Laki-Laki SMA Negeri 6 Kota Jambi

Authors

  • Saputra Trisetia Rizandi Universitas Jambi
  • Reza Hadinata Universitas Jambi
  • Anggrawan Janur Putra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61672/joi.v9i1.2940

Keywords:

kebugaran jasmani, Mengunakan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau tingkat kebugaran jasmani siswa laki-laki SMA Negeri 6 Kota Jambi dengan menggunakan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN). TKPN merupakan metode tes yang dirancang oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA) yang mencakup pengukuran indeks massa tubuh, tes v sit and reach, tes sit up, tes squat thrust, dan tes PACER (Progressive Aerobic Cardiovascular Endurance Run). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sampel 40 siswa laki-laki yang dipilih menggunakan rumus Slovin dengan MoE 15% dari total populasi 426 siswa laki-laki. Data diperoleh melalui observasi langsung di lapangan pada Februari 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki status gizi baik (70%), dan tingkat kebugaran jasmani yang tergolong kategori "cukup" (55%), "baik" (30%), "baik sekali" (10%), dan "kurang" (5%). Pada komponen tes v sit and reach, mayoritas siswa berada pada kategori "cukup" (52,50%). Untuk tes sit up dan squat thrust, hasilnya sama dengan 47,50% siswa berada pada kategori "rendah" dan 47,50% pada kategori "cukup". Tes PACER menunjukkan 50% siswa berada pada kategori "cukup". Penelitian ini menyimpulkan bahwa kebugaran jasmani siswa laki-laki SMA Negeri 6 Kota Jambi secara umum berada pada tingkat cukup, dengan mayoritas siswa memiliki status gizi baik.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Saputra Trisetia Rizandi, Reza Hadinata, & Anggrawan Janur Putra. (2025). Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa Dengan Menggunakan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN) Pada Siswa Laki-Laki SMA Negeri 6 Kota Jambi. JOI (Jurnal Olahraga Indragiri): Olahraga, Pendidikan , Kesehatan, Rekreasi, 9(1), 46–54. https://doi.org/10.61672/joi.v9i1.2940